PENGARUH PENERAPAN TEORI BELAJAR AUSUBEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 1 PADANG SIDEMPUAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Kholid Umar Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teori belajar ausubel terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah 1 Padang Sidempuan Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Padang Sidempuan Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Variabel bebas (independent variable) adalah pengajaran menggunakan teori Ausubel dan pengajaran konvensional. Variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Pengambilan sampel dilakukan kelas secara random dengan sistem undian. Satu kelas dijadikan kelas eksperimen yaitu kelas yang dikenai perlakuan pembelajaran dengan menerapkan teori belajar ausubel dan kelas lainnya dijadikan kelas kontrol yaitu kelas yang dikenai pembelajaran konvensional. Jumlah sampel murid kelas ausubel sebanyak 30 sampel dan kelas konvensional sebanyak 28 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori belajar ausubel mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi Pecahan di SD Muhammadiyah 1 Padang Sidempuan Tahun Pelajaran 2014/2015.



DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i52.257

Article Metrics

Abstract view : 879 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 1294 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Warta Dharmawangsa



Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.