PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN TALKING STIK MODEL DAN CONVENTIONAL MODEL

Serniati Zebua

Abstract


RINGKASAN - Tujuan dari riset ini adalah untuk memperjelas perbedaan antara talking stick model dan conventional model terhadap Prestasi Belajar siswa kelompok VIII SMP Negeri 1 Ulugawo. Populasi riset ini adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Ulugawo yang berjumlah 30 orang di kelas VIII-A dan 30 di kelas VIII-B. Berdasarkan hasil pretest, kami menetapkan kelompok VIII-A sebagai kelompok eksperimen dan kelompok VIII-B sebagai kelompok kontrol. Riset ini memiliki variabel bebas. Dengan kata lain, efektifitas talking stick model dan efektifitas model belajar ceramah. Variabel terikatnya adalah Prestasi Belajar IPS. Analisis deskriptif dan uji-t digunakan dalam analisis data. Hasil riset ini menunjukkan rerata hasil post-test pada kelompok eksperimen adalah 80,33 lebih tinggi dari pada kelompok kontrol, 64,33. Hasil pengujian t diperoleh t hitung = 7,67 > t table = 2,002 dengan tingkat signifikansi 0,05. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan ada perbedaan efektivitas talking stick model dan conventional model terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulugawo tahun pelajaran 2020/2021.
Kata Kunci : Talking Stick Model, Conventional model, Prestasi Belajar Siswa




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v16i1.1771

Article Metrics

Abstract view : 191 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 159 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Warta Dharmawangsa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.