DASAR-DASAR TEORITIS PENDIDIKAN ISLAM

Wagiman Manik

Abstract


Mengetahui dasar-dasar teoritis pendidikan Islam, yang merupakan landasan, pijakan dan rambu-rambu dalam menjalankan dan menerapkan konsep pendidikan Islam dan model-model pendidikannya di dalam dunia pendidikan adalah hal yang sangat penting. Islam adalah agama yang sangat menghargai ilmu dan pemiliknya, sehingga setiap muslim dan muslimah diwajibkan untuk menuntut ilmu tersebut, dan Islam dengan tegas telah mengangkat setinggi-tingginya derajat para ulama yang mereka adalah orang-orang yang memiliki ilmu.
Setiap pendidik muslim dan muslimah harus mengusai dasar-dasar teoritis pendidikan Islam, sebagai modal utama dalam mendidik peserta didik yang memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda, sehingga seorang pendidik dituntut untuk dapat mengusai dan memahami dengan baik tentang dasar-dasar teoritis pendidikan Islam, yang meliputi, kedudukan ilmu dalam Islam, kewajiban menuntut ilmu, kemulian para ulama, tujuan pendidikan Islam, isi pendidikan, metode pendidikan, dan karakter ulil Albab.
Kesimpulannya adalah sebagai seorang muslim terlebih lagi seorang sarjana hendaklah kita paham dan cerdas terhadap agama kita, yaitu agama islam, agama yang telah diridhai oleh Allah Swt. Agama islam adalah agama yang sempurna dan paripurna yang setiap urusan yang terdapat di dalamnya telah di jelaskan dan telah di peraktekkan oleh Rasulullah saw. bersama para sahabatnya, termasuk dasar-dasar teoritis pendidikan Islam baik secara global maupun terperinci. Metode-metode pendidikan yang telah diterapkan oleh Rasulullah saw. akan abadi sampai hari kiamat kelak, hal ini sesungguhnya menjadi satu kebanggaan tersendiri bagi kaum muslimin dan kaum muslimat, bahwa lebih dari 14 abad yang lalu kita sudah memiliki suri tauladan yang sangat mulia dari Rasulullah Saw. dalam hal pendidikan dan yang lainnya.



DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i49.165

Article Metrics

Abstract view : 577 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 224 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.