PENGARUH METODE PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN NALAR SISWA PADA KELAS X SMK NEGERI 1 GUNUNG SITOLI ALOOA
Abstract
RINGKASAN - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan nalar siswa pada Kelas X SMK Negeri 1 Gunung Sitoli. Penelitian ini menggunakan 1 kelas yaitu kelas X. Sebelum dilakukan pembelajaran Realistic Mathematics Education, terlebih dahulu dilakukan pembelajaran konvensional. Setelah itu dilakukan pengujian kemampuan siswa dengan melakukan test kepada siswa dan hasilnya dicatat. Setelah itu baru dilakukan pembelajaran Realistic Mathematics Education dan dilakukan juga test terhadap siswa. Untuk mengetahui perbedaan kemampuan siswa pembelajaran konvensional dengan pembelajaran Realistic Mathematics Education dilakukan dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa SMK Negeri 1 Gunung Sitoli dengan metode pembelajaran realistic mathematics education (RME) memiliki hasil lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional.
Kata kunci : Realistic mathematics education, Kemampuan Nalar dan Matematika
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v15i1.1053
Article Metrics
Abstract view : 527 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 692 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Warta Dharmawangsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.