ANALISIS KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KANTOR KECAMATAN MEDAN AREA KOTA MEDAN

Novia Tari Ayu Gati, Kariaman Sinaga, Siswati Saragi

Abstract


Pelayananan publik dapat dikategorikan baik dan efektif apabila masyarakatnya mendapatkan kemudahan pelayanan dengan prosedur yang singkat, cepat danmemuaskan, kunci keberhasilan instansi pelayanan publik adalah bagaimana pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, pelayanan di bidang administrasi kependudukan merupakan salah satu pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kecamatan Medan Area. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden yang diambil dari teknik non probability sampling dengan pendekatan sampling insidental. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis angka indeks. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah paparkan mengenai kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kecamatan Medan Area dengan penilaian 5 dimensi servqual :Tangible, Reliabillity, Responsiviness, Assurance, Empathy. Menunjukkan bahwa penilaian tertinggi pada dimensi Tangible (84,68%) dan Empathy (84,32%) dimana petugas dalam memberikan pelayanan sangat memuaskan bagi masyarakat dari segi fisik maupun kemampuan. Namun ada beberapa masyarakat yang masih belum merasa puas dengan pelayanan yang diberikan maka dari itu Kantor Kecamatan Medan Area masih terus melakukan usaha perbaikan untuk pelayanan yang lebih berkualitas kedepannya.


Keywords


Kualitas Pelayanan, Pelayanan Administrasi Kependudukan.

References


Buku :

Burhanuddin & Ardiputra, S. 2023. Birokrasi Dan Pelayanan Publik. Tasikmalaya

: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Fakrulloh, Z.A & Wismulyani, E. 2019. Menuju Masyarakat Tertib Administrasi Kependudukan. Jawa Tengah : Cempaka Putih.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang : Badang Penerbit Undip

Hardiansyah. 2015. Komunikasi Pelayanan Publik : Konsep dan Aplikasi Yogyakarta Gava Media.

Hardianysah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik (Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya). Yogyakarta : Gava Media.

Hayat. 2017. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta : Rajawali Pers.

Maulidah Sri. 2014. Total Quality Management. Makasar : Nas Media Pustaka.

Mursyidah, L & Choiriyah, I.U. 2020. Manajemen Pelayanan Publik. Jawa Timur : Umsida Press.

Rahmadana, M.F, Mawati, A.T, Siagian, N, Perangin-angin, M.A, Refelino, J, Tojiri, Y, Siagian, V, Nugraha, N.A, Manullang, S.O, Silalahi, M, Yendrianof, D, Sari, A.P, Supriadi, M.N, Sari, M.H.N, & Bahri, S. 2020. Pelayanan Publik. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Ramlawati. 2020. Total Quality Management. Makasar : Nas Media Pustaka.

Saputra, R & Risnawati, A. 2022. Pelayanan Administrasi Kependudukan. Jawa Tengah : CV Sketsa Media.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sulistiyowati, W. 2018. Buku Ajar Kualitas Pelayanan : Teori Dan Aplikasinya. Jawa Timur : Umsida Press.

Taufiqurokhman & Satispi, E. 2018. Teori dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta : UMJ Press.

Trisantoso, I.N, Kurniasih, D, & Hubeis, M. 2022. Pelayanan Publik Berbasis Digital Edisi Revisi. Yogyakarta : Deepublish

Jurnal dan Skipsi :

Adelina, S.E. 2020. Kualitas Pelayanan Publik Pada Bidang Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Se – Kota Salatiga. Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Amelia & Budi Rismayadi, N.S. 2022. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Cikarang Timur. JMMA : Jurnal Mahasiswa Manajemen Dan Akutansi. Vol 2, No.1.

Herdini, F & Widiyarta, A. 2020. Responsivitas Pelayanan Publik Dalam Menangani Keluhan Pelanggan Di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Nganjuk. Public Administration Journal Of Research. Vol 2, No 1.

Manalu, I, M & Subadi, W. 2021. Analisis Kualitas Pelayadnan Publik Ditinjau Dari Aspek Tangible (Berwujud) Pada Kantor Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak. Vol 4, No 1.

Rangan, G.A. 2020. Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kelurahan Kanaan Kecamatan Bontang Barat. eJournal Pemerintahan. Vol 8, No 2

Riauwati, J, Dwiyanti, N.T. 2023. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat : Studi Kasus Di Kantor Kecamatan Cikalongwetan Bandung Barat. Remik : Riset dan E-Jurnal Manajement Informatika Komputer. Vol 7, No.1.

Rorong, S.G, Sambiran, S & Sumampow, I. 2022. Kualitas Pelayanan Publik di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado. Jurnal Governance. Vol 2, No 1.

Salim, M.A, Sinaga, K. & Ibrahim Z. 2022. Implementasi Transparansi Pelayanan Publik Dalam Pengurusan Administrasi Izin Berlayar Pada Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan Medan. Jurnal Publik Reform. Vol 9, No 2.

Sihotang, S.U, Setianingsih, E.L & Lituhayu, D. 2024. Analisis Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Di Kabupaten Dairi Sumatera Utara. Departemet Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik. Universitas Diponegoro.

Suryantoro, B & Kusdyana, Y. 2020. Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Politeknik Pelayaran Surabaya. Jurnal Beruna Horizon Vol 3, No. 2.

Sutikno, B & Nopiansyah, A. 2018. Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi Pada Kantor Camat Selangit Kabupaten Musi Rawas. Mimbar Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik. Vol 7, No. 1

Perundang – undangan :

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63 Tahun 2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 8 Tahun 2003 Tentang Pedoman Organisasi Perangkat Daerah.

Peraturan Wali Kota Medan No, 49 Tahun 2023 Tentang Rincian Tugas Dan Fungsi Kecamatan Dan Kelurahan.

Undang – Undang Republik Indonesia No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Undang – Undang No. 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.

Undang – Undang Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah..




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v12i2.8126

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Novia Tari Ayu Gati, Kariaman Sinaga, Siswati Saragi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING :

  

   

MEMBER of :

 

Jurnal Publik Reform Published By :

PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PUBLIK

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Publik Reform By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index