PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS APARATUR SIPIL NEGARA PADA DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI SUMATERA UTARA

Guruh Hendra Cipta, Farida Hanum Nasution

Abstract


ABSTRAK

Budaya merupakan pola kegiatan manusia secara yang secara sistematis diturunkan dari generasi ke generasi melalui berbagai proses pembelajaran untuk menciptakan cara hidup tertentu yang paling cocok dengan lingkungannya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas diantaranya budaya organisasi dan disiplin kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi secara parsial terhadap kinerja pegawai, mengetahui pengaruh disiplin kerja secara parsial terhadap kinerja pegawai dan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan disiplin kerja secara simultan terhadap kinerja aparatur sipil negara pada kantor Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara.

Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah aparatur sipil negara kantor Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera yang berjumlah 154 orang pegawai, penentuan jumlah sampel digunakan rumus slovin sebanyak 61 orang pegawai. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas aparatur sipil negara pada Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara, Nilai R square sebesar 0,396 atau 39,6% kontribusi budaya organisasi terhadap produktivitas dan 60,4% dipengaruhi variabel lain.




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v5i1.499

Article Metrics

Abstract view : 292 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 577 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Publik



INDEXING :

    

MEMBER of :

 

PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index