PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELAYANI PUBLIK ( STUDI DI KELURAHAN MARTUBUNG KECAMATAN MEDAN LABUHAN KOTA MEDAN)

Charina Gladyensi, Budiman Purba

Abstract


ABSTRAK

Suatu organisasi akan berhasil atau gagal, sebagian besar ditentukan oleh Sumber Daya Manusia ( SDM ) nya. kemampuan Sumber Daya Manusia itu sendiri dapat membentuk karakter pribadi dalam menunjang kinerjanya disuatu lembaga khususnya pemerintahan. Kinerja yang baik adalah keampuan diri sendiri dalam melayani. Pengaruh kinerja dalam meningkatkan pelayanan publik sangatlah penting pada era globalisasi dan otonomi desa saat ini. Dalam penelitian ini mengambil judul “ Pengaruh Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik ( Studi Di Kelurahan Martubung Kecamatan Medan Labuhan Kota Medan ). Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji variabel Pemahaman, Tanggapan dan Harapan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Kuantitatif, yaitu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui, dan Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Korelasi dan Uji Determinant.
Hasil dilapangan yang Penulis dapatkan adalah bahwa Kelurahan Martubung telah
melaksanakan tugasnya seperti yang ada di Undang-undang Pegawai Negeri Sipil nomor 25 tahun 1997 sampai dengan dikeluarkannya UU Nomor 32 tahun 2004 otonomi desa. Hal ini membuat tingkat kinerja pegawai semakin membaik,dan terbukti berdasarkan hasil penelitian dan hasil perhitungan yang dilakukan melalui teknik analisa korelasi yaitu nilai r adalah 0,804 berada pada interval 0,800-1,00 yang artinya kedua hubungan variabel tersebut sangat tinggi, dan hasil perhitungan determinan besar pengaruh variabel X persepsi masyarakat terhadap variabel Y kinerja pegawai sebesar 64% yang artinya juga sangat tinggi.




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v5i1.497

Article Metrics

Abstract view : 528 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 637 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Publik



INDEXING :

    

MEMBER of :

 

PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index