EFEKTIVITAS APLIKASI KAI ACCESS TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMESANAN TIKET SECARA ONLINE DI PT. KERETA API INDONESIA DIVRE I SUMATERA UTARA

Safriadi Ahmad, Jhon Simon, Tomi Jaffisa

Abstract


Aplikasi KAI Access merupakan inovasi yang dihadirkan dengan tujuan memberikan pelayanan yang dapat diakses hanya dengan satu genggaman saja. Meskipun aplikasi KAI Access tersebut diklaim dapat memberi kemudahan dan mempercepat proses pemesanan tiket secara online oleh para calon penumpang, akan tetapi masih menjadi sebuah pertanyaan mengapa aplikasi ini memperoleh rating (penilaian) yang sangat kecil. Adapun yang merupakan tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas aplikasi KAI Access terhadap kualitas pelayanan publik dalam pemesanan tiket secara online di PT. Kereta Api Indonesia Divre 1 Sumatera Utara. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Dimana data dalam penelitian akan dianalisis menggunakan analisis tabel tunggal, uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis yang telah dilakukan terhadap setiap item pernyataan yang ada dalam kuisioner yang berjumlah 40 (empat puluh) pernyataan, masing-masing 20 (dua puluh) pernyataan untuk setiap variabel, menunjukkan bahwasanya semua item pernyataan tersebut telah valid dan reliabel sehingga dapat digunakan sebagai bahan pengukuran dalam menentukan hasil penelitian. Pembuktian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji rank spearman menunjukkan hasil bahwa H0 diterima dan Ha ditolak. Artinya, tidak terdapat efektivitas aplikasi KAI Access terhadap kualitas pelayanan publik dalam pemesanan tiket secara online. Penyebabnya adalah masih banyak masyarakat yang merasa aplikasi tersebut kurang efektif dan banyak mengalami trouble sehingga membuat masyarakat enggan menggunakannya.


Keywords


Efektivitas, Aplikasi KAI Access, Kualitas Pelayanan Publik, dan PT. Kereta Api Indonesia

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, K. (2016). Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasi. Kebijakan Publik Konsep Dan Ancok, D. Hendrojuwono, W. Hartanto, (2014). Mengapa Kita Perlu Memberikan Pelayanan yang Baik. Jakarta: LAN-RI.

Arikunto. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Eko Yuwono. (2019). Peran Aplikasi Kai Access Dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Penjualan Tiket Di Stasiun Besar Yogyakarta. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Bina Media.

Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Hendrik Setiawan, Dien Novita. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS. Palembang: Universitas Multi Data.

Lee; Wan. (2010). Customer Perceptions of E-Service Quality in Online Shopping. International Journal of Retail and Distribution Management, 33(2), 2010.

Mahmudi. (2010). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Meilinda Rahmasari Refindra. (2018). Pemenfaatan Aplikasi Kai Access Dalam Meningkatkan Penjualan Tiket Online PT. Kereta Api Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara Medan.

Minda Mora Purba. (2019). Pemesanan Tiket Kereta Api Online (E-Ticketing) Menggunakan Aplikasi KAI Access. Makassar: Universitas Suryadarma.

Moenir, A.S. (2010). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nuriyanto. (2014). Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Indonesia, Sudahkah Berlandaskan Konsep “Welfare State”?. Jurnal Konstitusi, 11(3), 429-453.

Ni Putu Ayu Wangi Diantini, Sukidin, Wiwin Hartanto. (2019). Efektivitas Penerapan Mobile Application “Kai Access” Oleh Konsumen Di Pt. Kereta Api Indonesia Persero Daerah Operasi 9 Stasiun Jember. Jember: Universitas Jember.

Notoatmodjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Pasolong, Harbani. (2011). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Palangda, Listriyanti., Dame, Joubert M. (2020). Penerapan Prinsip Good Governance Terhadap Kualitas Pelayanan Publik. Publik Policy: Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik dan Bisnis, 1(2), 273-287.

Poltan Litjan Sinambela, dkk. (2011). Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, Erwan Agus, dkk. (2017). Modul Pelatihan Dasar Calon PNS Pelayanan Publik. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.

Rukayat, Yayat. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan di Kecamatan Pasirjambu. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA). 2(11), 56-65.

Sianipar, J.P.G. (2010). Manajemen Pelayanan Masyarakat. Jakarta: LAN RI.

Singarimbun, M & Effendi, S. (2011). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3S

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV

Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV

Alfabeta.

Sejathi. (2011). Faktor Penentu Efektivitas Pembelajaran. http://www.Faktor-Faktor Yang Mempengaruh Efektivitas Pembelajaran.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Wardhana, Aditya. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Karya Manunggal Lithoma.




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v10i2.4245

Article Metrics

Abstract view : 57 times
PDF – 194 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING :

    

MEMBER of :

 

PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index