EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PENERAPAN SISTEM PENERBITAN SURAT PERJALANAN REPUBLIK INDONESIA (SPRI) DI KANTOR IMIGRASI KELAS I POLONIA MEDAN

Muhammad Andy Arif

Abstract


Pelayanan yang berkualitas akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan. Pelayanan publik dapat dikategorikan efektif apabila publik/masyarakat mendapatkan kemudahan pelayanan dengan prosedur yang singkat, cepat, tepat dan memuaskan termasuk di dalamnya pelayanan Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI) yang merupakan dokumen resmi yang memuat identitas pemegangnya, yang berlaku dan dikeluarkan oleh Kantor Imigrasi yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelayanan publik melalui penerapan sistem penerbitan SPRI dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang menghambat pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I Polonia Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan kendala dalam pelayanan penerbitan SPRI tersebut yang berasal dari internal kantor itu sendiri yaitu seperti adanya kerusakan dan lambatnya sistem jaringan dari pusat, terbatasnya sarana dan prasarana serta kurangnya jumlah pegawai.
Keyword: Efektifitas, Pelayanan Publik, Penerbitan Surat Perjalanan Republik Indonesia




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v4i0.405

Article Metrics

Abstract view : 285 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 804 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Publik



INDEXING :

    

MEMBER of :

 

PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index