PERAN PEMERINTAH PADA PENYALURAN BANTUAN PERLINDUNGAN SOSIAL PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM MENGHADAPI COVID-19 DI KELURAHAN BELAWAN SICANANG

Monarika Gultom, Jhon Simon, Siswati Saragi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Peran Pemerintah pada Penyaluran Bantuan Sosial pelaksaan Program Keluarga Harapan dimasa Covid-19 di Kelurahan Belawan Sicanang dalam mengatasi kemiskinan khususnya kebutuhan Pendidikan, Kesehatan dan menstabilkan Pendapatan keluarga miskin. Tipe penelitian adalah deskriptif kualitatif. Sumber data berupa wawancara, dokumentasi dan hasil penelitian langsung. Informan dipilih dengan sengaja sebagai penerima manfaat PKH. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan Teknik analisis data dengan (1) Teknik reduksi data, (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Informan penelitian ini berjumlah tujuh orang. Hasil penelitian bahwa Peran Pemerintah Program Keluarga Harapan sudah cukup tepat sasaran memilih masyarakat yang layak menerima bantuan dengan langsung mendata kerumah masyarakat untuk mensurvei secara jelas tetapi banyak masyarakat sebagai penerima bantuan Program Keluarga Harapan terlambat mendapatkan haknya berupa uang maupun pangan dikarenakan Pemerintah tidak tepat waktu memberikan informasi pencairan. Jumlah penerima manfaat sudah sesuai dengan bantuan yang didapatkan berupa uang setiap 3 bulan sekali dengan tanggungan keluarga, namun beberapa masyarakat tidak dapat beras dan telur senilai Rp.200.000 setiap bulannya. Pemerintah Kelurahan Belawan Sicanang telah efisien memberikan manfaat dan daya guna Program Keluarga Harapan. Hal ini membuat masyarakat sebagai penerima Program Keluarga Harapan sangat terbantu dalam meningkatkan kesehatan keluarga, meningkatkan pendidikan anak, dan mengurangi biaya keluarga..




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v10i1.3451

Article Metrics

Abstract view : 95 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 232 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Publik Reform



INDEXING :

    

MEMBER of :

 

PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index