Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Alokasi Dana Desa Di Desa Bonia Hilisimaetano Kecamatan ManiamoloKabupaten Nias Selatan

Fandi Alfiansyah Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Alokasi Dana Desa di Desa Bonia Hilisimaetano Kecamatan Maniamolo Kabupaten Nias Selatan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis Indeks Kepuasan Masyarakat dengan hasil data dalam bentuk angka. Penelitian dilakukan di Desa Bonia Hilisimaetano Kecamatan Maniamolo Kabupaten Nias Selatan pada bulan Oktober hingga November 2018. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan jenis accidental sampling.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan kuesioner/angket. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk pelayanan Kantor Kepala Desa Bonia Hilisimaetano adalah 2,94 dengan angka konversi sebesar 73,50. Kategori mutu pelayanan baik.
Kata Kunci : Alokasi Dana Desa, Indeks Kepuasan Masyarakat




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v3i0.338

Article Metrics

Abstract view : 170 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 1450 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Publik



INDEXING :

    

MEMBER of :

 

PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index