Pengaruh Motivasi Dan Pemberian Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada PT. Bank Sumut Medan

Junaidi Junaidi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi dan pemberian kompensasi terhadap produktivitas kerja pegawai pada PT. Bank Sumut Medan. Penelitian ini dilakukan terhadap beberapa bagian divisi pegawai PT. Bank Sumut Medan dikarenakan dianggap mampu mewakili jawaban dari seluruh pegawai dalam ruang lingkup Pengaruh Motivasi Dan Pemberian Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada PT. Bank Sumut Medan.
Adapun alasan peneliti memilih PT. Bank Sumut sebagai objek penelitian adalah karena tempat penelitian yang mudah dijangkau karena berada di pusat kota medan yang beralamat di Jl. Imam Bonjol No. 18 Medan, serta peneliti ingin mengetahui bagaimana kinerja pegawai Bank di kantor pusat yang selalu melayani nasabah dalam jumlah yang tidak sedikit dalam hal tabungan, usaha kecil dan menengah, pemberian kredit dan lain-lain. Hal ini tentu menjadi tanggung jawab pimpinan dan seluruh pegawai untuk selalu memberikan pelayanan yang maksimal terhadap nasabah dalam setiap transaksi.
Sebagai upaya untuk mengoptimalkan kinerja pegawai sangat penting bagi pihak bank untuk memotivasi dan memberikan kompensasi yang sesuai kepada masing-masing pegawai di sisi lain peran pemimpin yang baik juga mempengaruhi pegawai dalam melaksanakan pekerjaannya sehingga dapat meningkatkan kinerja masing-masing pegawai.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode koefisien korelasi ganda yang bertujuan untuk mengukur hubungan variabel X1, X2 dan Y. Dilihat dari hasil pengujian maka dari uji koefisien korelasi ganda menunjukkan nilai Ryx1x2 adalah 0,37 berarti motivasi dan pemberian kompensasi terhadap produktivitas kerja pegawai pada PT. Bank Sumut Medan memiliki korelasi yang rendah. Berdasarkan uji F yang dilakukan menunjukkan nilai signifikan < 0,05. Dan nilai Fhitung> dari Ftabel yaitu 4,47 > 3,17 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dimana Ha menyatakan bahwa adanya pengaruh antara motivasi dan kompensasi terhadap produktivitas kerja.
Sebaiknya perusahaan mulai melakukan analisa atas tiap-tiap pegawai dari berbagai divisi dan lakukanlah identifikasi akan hal-hal yang dapat meningkatkan motivasi kerja pegawai. Peningkatan motivasi kerja pegawai akan berbanding lurus dengan peningkatan keberhasilan perusahaan yang tentunya akan diikuti juga dengan peningkatan penghasilan perusahaan.Kata



DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v3i2.319

Article Metrics

Abstract view : 109 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 239 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 
http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index