SISTEM DAN PROSEDUR OPERASIONAL PELAYANAN KAPAL DAN BARANG BERBASIS ONLINE PADA PT. PELABUHAN INDONESIA I (PERSERO) CABANG PELABUHAN BELAWAN

Aswan Hasoloan

Abstract


Indonesia merupakan negara kepulauan yang dua per tiga wilayahnya adalah perairan dan terletak pada lokasi yang strategis karena berada di persinggahan rute perdagangan dunia. Sebagai negarakepulauan, peran pelabuhan sangat vital dalam perekonomian Indonesia. Kehadiran pelabuhan yangmemadai berperan besar dalam menunjang mobilitas barang dan manusia di negeri ini. Pelabuhan menjadi sarana paling penting untuk menghubungkan antar pulau maupun antar negara.
Untuk memulai kegiatan bongkar muat di Pelabuhan terlebih dahulu harus melewati mekanisme yang telah diatur oleh pengelola pelabuhan. Pelayanan dilakukan dengan sistem dan prosedur yang berbasis online yaitu suatu tata cara pelayanan administrasi untuk kegiatan pelayanan kapal dan barang sejak kapal sandar di dermaga, melakukan kegiatan operasional (bongkar muat) hingga kapal keluar yang dirancang (desain) secara elektronik (online) sehingga dapat dengan mudah diakses oleh pengguna jasa kepelabuhanan. Untuk mengelola sistem dan prosedur pelayanan yang baik serta dikelola dengan benar dasar hukum yang digunakan adalah Instruksi Menteri Perhubungan Nomor 13 tahun 2016 tanggal 10 Juni 2016 tentang penerapan Inaportnet untuk pelayanan kapal dan barang di Pelabuhan utama Makasar, Belawan, Tanjung Perak dan Tanjung Priok serta Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor HK.103/3/11/DJPL-15 tanggal 23 September 2015 tentang tata cara pelayanan kapal dan barang menggunakan Inaportnet di Pelabuhan.
106 | VolumeIII No.2 Juli-Desember 2017I Jurnal Publik UNDHAR MEDAN
Implementasi pelayanan kapal dan barang yang berbasis online (elektonik) di Pelabuhan Belawan sangat berdampak terhadappeningkatkan efisiensi penggunaan waktu, transparansi, keadilan dan keseimbangan serta kemudahan dalam proses pelayanan kapal dan barang. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya sistem dan prosedur tetap serta acuan standar pelayanan (Service Level Standart) yang telah ditetapkan pengelola pelabuhan dalam melaksanakan pelayanan.



DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v3i2.317

Article Metrics

Abstract view : 1168 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 6379 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 
http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index