TINJAUAN REVITALISASI PELAYANAN KESEHATAN DASAR TENTANG SISTEM RUJUKAN PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP PESERTA BPJS DI PUSKESMAS BIRU-BIRU.

Siswati Saragi

Abstract


Pelayanan di bidang kesehatan merupakan salah satu bentuk pelayanan yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat.Tidak mengherankan apabila bidang kesehatan perlu untuk selalu dibenahi agar bisa memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakat. Pelayanan kesehatan yang dimaksud tentunya adalah pelayanan yang cepat, tepat, murah dan ramah. Mengingat bahwa suatu negara akan bisa menjalankan pembangunan dengan baik apabila didukung oleh masyarakat yang sehat secara jasmani dan rohani. Revitalisasi Pelayanan Kesehatan Dasar di Puskesmas merupakan adanya transparansi, akuntabilitas, good governance, responsif dan partisipatif dalam segala bidang termasuk kesehatan.Hal ini dimaksud karena salah satu sarana pelayanan kesehatan yang mempunyai peran sangat penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat adalah Puskesmas. Penerapan UU no. 24 tahun 2011 tentang Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS)dilakukan awal tahun 2014.Penerapan UU ini membutuhkan penguatan sistem rujukan pelayanan kesehatan.



DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v2i2.306

Article Metrics

Abstract view : 689 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 1717 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Publik



INDEXING :

    

MEMBER of :

 

PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index