PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR DALAM MEWUJUDKAN PEKERJAAN YANG EFEKTIF DAN EFISIEN PADA BIDANG KEPEMUDAAN DI DINAS PEMUDA DAN OLAHRAGA PROVINSI SUMATERA UTARA

Kariaman Sinaga

Abstract


Penilaian kebutuhan Standar Operasional Prosedur (SOP) bertujuan untuk mengetahui tingkat kebutuhan suatu organisasi dalam mengembangkan SOP yang dimilikinya. Penilaian kebutuhan akan sangat bermanfaat dalam menentukan ruang lingkup, jenis, dan jumlah SOP yang dibutuhkan. Ruang lingkup akan berkaitan dengan tugas mana yang prosedur operasionalnya akan menjadi target untuk distandarkan. Jenis akan berkaitan dengan tipe dan format SOP yang sesuai untuk diterapkan. Jumlah akan berkaitan dengan berapa banyak SOP yang akan dibuat sesuai dengan tingkatan urgensinya.
Dalam penulisan ini penulis mengemukakan ada pengaruh penerapan standar operasional prosedur pada bidang kepemudaan di Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara, apakah ada pekerjaan yang efektif dan efisien pada bidang kepemudaam di Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara dan apakah ada pengaruh penerapan standar operasional prosedur dan pekerjaan yang efektif dan efisien pada bidang kepemudaam di Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara.



DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v2i2.302

Article Metrics

Abstract view : 983 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 4300 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Publik



INDEXING :

    

MEMBER of :

 

PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index