PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI KANTOR DINAS PEMADAM KEBAKARAN KOTA MEDAN

Budiman Purba

Abstract


Tuntutan untuk mewujudkan administrasi negara yang mampu mendukung kelancaran dan keterpaduan pelaksanaan tugas dan fungsi penyelenggaraan pemerintahannegara dan pembangunan, menuntut pelaksanaan good governance, dan Good Governance ini berlaku pada setiap pemerintahan daerah yang sangat diperlukan dalam penyelenggaraan otonomi daerah. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana pengaruh pelaksanaan prinsip-prinsip Good Governance Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai diKantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Medan”.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui berapa besar peranan penerapan Good Governance terhadap Efektivitas Kerja Pegawai pada Kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Medan.
Penerapan Prinsip-prinsip Good Governance yang dilakukan di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Medan ini diketegorikan efektif yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 4,02 yang berada pada interval 3,40 – 4,19.
Efektivitas kerja pegawai yang dilakukan pada Dinas Pemadam Kebakaran Kota Medan ini dikategorikan tinggi yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,98 yang berada pada interval 3,40 – 4,19.
Koefisien korelasi antara Good Governance dengan Efektivitas kerja pegawai adalah sebesar 0,537 artinya adanya peranan yang sedang antara Penerapan Good Governance untuk meningkatkan Efektivitas kerja pegawai, karena termasuk kategori 0,40 – 0,599, besarnya peranan Good Governance untuk meningkatkan efektivitas kerja pegawai adalah sebesar 28,83% dan sisanya 71,17% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti.
Berdasarkan uji t di dapat thitung > t tabel atau 4,410 > 1,678, maka terbukti bahwa adanya pengaruh penerapan prinsip-prinsip Good Governance terhadap efektivitas kerja pegawai. Maka, hipotesis yang diajukan yaitu : “jika penerapan prinsip-prinsip GoodGovernance berjalan dengan efektif maka Efektivitas kerja pegawai akan tinggi”, dapat diterima.



DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v2i2.301

Article Metrics

Abstract view : 165 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 670 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 
http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index