PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA TIGA CABANG PT. ASTRA INTERNATIONAL TBK (ASTRA CREDIT COMPANIES MEDAN)

Siswati Saragi

Abstract


Organisasi merupakan suatu sistem yang saling mempengaruhi satu sama lain, apabila salah satu sub sistem rusak maka akan mempengaruhi sub sistem lainnya. Sistem dapat berjalan dengan baik jika individu-individu di dalamnya menjalankan tanggung jawab sebagaimana mestinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan di tiga anak perusahaan PT. Astra International Tbk (Astra Credit Companies Medan 1, 2000 Auto Gatot Subroto Medan, Astra World Medan). Jenis penelitian ini adalah penelitian penjelasan. Penelitian eksplanatif bertujuan untuk melihat pengaruh atau hubungan antar variabel penelitian serta menguji variabel yang dihipotesiskan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui angket (kuesioner), studi literatur dan studi dokumentasi. Ukuran sampel adalah 124 responden. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program perangkat lunak Statistic Product and Service Solutions (SPSS). Penelitian ini menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara budaya organisasi dengan kinerja karyawan di ACC Medan 1, Auto Gatot Subroto, dan Astra World Medan.




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v9i2.2686

Article Metrics

Abstract view : 199 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 371 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Publik Reform



INDEXING :

    

MEMBER of :

 

PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index