PERANAN APLIKASI MEDAN RUMAH KITA (MRK) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK BERBASIS ONLINE DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMASI KOTA MEDAN

Ayu Juwita, Zulkarnain Zulkarnain, Junaidi Junaidi

Abstract


Pemerintah Kota Medan sejak akhir tahun 2016 yang lalu telah meluncurkan sebuah aplikasi Medan Rumah Kita (MRK) sebagai wadah aduan masyarakat kepada Pemerintah Kota Medan sebagai langkah peningkatan pelayanan publik. Melalui penelitian ini penulis ingin melihat peranan aplikasi MRK dalam meningkatkan pelayanan publik berbasis online di era digitalisasi saat ini. Penulis juga ingin mencari tau kendala atau kelemahan penyebab rating MRK di playstore tergolong rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi dta, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Aplikasi MRK dikelola oleh 12 operator yang bekerja secara bergantian dan berada di Command Center kota Medan. Operator MRK sebelum meneruskan aduan ke SKPD/OPD terkait harus lebih dahulu mengkoordinasi dengan DISKOMINFO untuk kemudian dapat diteruskan kepada pihak OPD terkait. Penerapan aplikasi MRK dari semenjak launching hingga hari ini belum memperlihatkan dampak yang signifikan terhadap peningkatan pelayanan publik di Kota Medan terlihat dari rendahnya tingkat partisipasi masyarakat dalam mendownload aplikasi tersebut dan kurangnya sosialisasi dari DISKOMINFO kepada masyarakat sehingga masih ada masyarakat yang belum mengetahui keberadaan aplikasi tersebut. Aplikasi MRK memiliki rating rendah di playstore yang disebabkan karena masyarakat lebih tertarik menggunakan aplikasi SP4N LAPOR karena SKPD yang tergabung didalamnya lebih banyak sehingga aduan di luar kota Medan pun dapat ditindaklanjuti melalui aplikasi SP4N LAPOR.

 

Kata Kunci: Medan Rumah Kita (MRK), pelayanan publik, dan SP4N LAPOR.


References


Bungin, M, B. 2015. Metode Penelitian Sosial & Ekonomi : Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran. Jakarta : Prenada Group

Fadly Surya M. Purba. 2018. Politik Pembangunan Walikota Medan Dalam Mengembangkan Medan Smart City. Universitas Sumatera Utara.

Hardiyansyah. 2018. Kualitas Pelayan Publik : Konsep Dimensi dan Indikatornya. Yogyakarta : Gava Media

Holle, Erick S. Pelayana Publik Melalui Electronik Government: Upaya Meminimalisir Praktek Maladministrasi Dalam Meningkatkan Publik Service”. Vol. 17, No. 3, Tahun 2011.

Insan, April, Priskadini. “Mewujudkan Kota Responsif Melalui Smart City. Vol. 2, No. 1, Tahun 2017.

Murni Agustini. 2017. Strategi Pemerintah Kota Cilegon Menuju Cilegon Smart City. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang.

Muhamad Reza Falefi. 2019. Implementasi Program Aplikasi Medan Rumah Kita Dalam Mewujudkan Electronic Government Pada Dinas Komunikasi Dan Informasi Kota Medan. Universitas Sumatera Utara.

Purwanto, Erwan Agus. dkk. 2017. Pelayanan Publik. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

Peraturan Walikota Nomor 1 Tahun 2017 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi Tugas dan Fungsi dan Tata Kerja Perangkat Daerah.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Setyawan, Dody. 2017. Pengantar Kebijakan Publik. Malang: CV. Cita Intras Selaras.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Yuniarsih, Tjutju, dan Muhammad Taufiq. 2015. Komitmen Mutu. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

Winarno, Budi. 2016. Kebijakan Publik Era Globalisasi (Center of Academic Publishing Service, Yogyakarta).

Wirawan. 2012. Evaluasi : Teori, Mode, Standart, Aplikasi, dan Profesi (PT. Raja Grafindo Persada, Depok).




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v9i1.2099

Article Metrics

Abstract view : 24 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 
http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index