PERANAN APLIKASI E-KINERJA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI KOTA MEDAN (Studi Kasus Pada Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemko Medan)

Hadi Sufi Hidayat Purba, Kariaman Sinaga, Fandi A Siregar

Abstract


Di era globalisasi saat ini, sebagian besar instansi pemerintahan sudah melakukan proses kerja secara online. Beberapa penerapan sistem elektronik di birokrasi yang berlandaskan pada kebijakan publik bertujuan untuk menertibkan dan melanjutkan kualitas reformasi birokrasi, misalnya penerapan sistem E-Government, E-Budgeting, E-KTP, E-kinerja dan lain sebagainya yang berbasis elektronik. Salah satu wujud untuk meningkatkan kerja para aparatur sipil negara yaitu dengan dilakukannya reformasi birokrasi. Salah satu reformasi birokrasi yang dilakukan adalah dengan lahirnya Kebijakan E-Kinerja di Pemerintah Daerah. E-Kinerja digunakan untuk menganalisis kebutuhan jabatan, beban kerja jabatan dan beban kerja Unit/Satuan Kerja Organisasi sebagai dasar Perhitungan Prestasi Kerja dan Pemberian Insentif Kerja dengan mempedomani Permendagri Nomor 4 Tahun 2005. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan aplikasi e-kinerja dalam meningkatkan produktivitas Pegawai Negeri Sipil di Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Kota Medan. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang merupakan cara untuk melakukan pengamatan langsung pada individu dan berhubungan dengan orang-orang tersebut untuk mendapatkan data yang digalinya (Moloeng, J.L, 2010). Informan dalam penelitian berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah observasi (pengamatan), wawancara, dan studi pustaka. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisa data menurut Miles dan Huberman Punch yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penerapan e-kinerja menjadikan sistem kinerja pegawai di BKDPSDM Kota Medan lebih transparan, efektif, dan fleksibel. Produktivitas kinerja pegawai juga semakin mengalami peningkatan karena semua jenis kegiatan atau pekerjaan sekecil apapun dapat diinput dan akan memiliki bobot nilai yang dapat menjadi bobot penilaian pada pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) yang ada di BKDPSDM Kota Medan.

 

Kata Kunci: Reformasi birokrasi, E-kinerja, dan Produktivitas Kinerja Pegawai.


References


Agustina, E. 2014. Pengaruh Penerapan Kualitas Kehidupan Kerja (Quality Of Work Life) (Qwl) Terhadap Peningkatan Produktivitas Kerja Pegawai Pada Kantor Loka Monitor Padang. Jurnal Ilmiah. Universitas Taman Siswa.

Agustino, Leo. 2017. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta Bandung.

Ayuningtyas, Dumilah. 2014. Kebijakan Kesehatan: Prinsip dan Praktik. Jakarta: Raja Grafndo Persada.

Bagong Suyanto & Sutinah. 2010. Metode Penelitian Sosial. Jakarta : Kencana.

Dunggio, M. 2013. Semangat dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Jasa Raharja (PERSERO) Cabang Sulawesi Utara. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. Manado : Universitas Sam Ratulangi.

Dunn, William N. 2013. Pengantar Analisis Kebijakan Publik, cetakan kelima. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press.

Dr. Sahya Anggara, M.Si. 2014. Kebijakan Publik. Bandung : Pustaka Setia.

Ema Nurhayati. 2017. Pengaruh Penerapan Sistem Penilaian E-Kinerja Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Di Kecamatan Semarang Timur Melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Semarang : Universitas Dian Nuswantoro.

Kamus Kinerja Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kota Medan tahun 2020.

Mardina Cristy Natalia Pasaribu. 2017. Implementasi Penggunaan Sistem Informasi E-Kinerja (Siekin) Untuk Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir. Medan : Universitas Sumatera Utara.

Mazmanian, Widodo. 2010. Defenisi Implementasi Kebijakan. Arena Kami 4 Desember 2013.

Moleong, Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miles, M. B. & Huberman, M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Peraturan Wali Kota Medan Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, dan Tata Kerja Perangkat Daerah, Susunan Organisasi BKDPSDM Kota Medan.

Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 1 Tahun 2013 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil.

Peraturan Wali Kota Nomor 5 Tahun 2020 tentang Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) Aparatur Sipil Negara.

Peraturan Kepala BKN Nomor 12 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pemberian, Pemotongan, dan Penghentian Pembayaran Tunjangan Kinerja Pegawai (TPP) di lingkungan BKN.

Rezki Fadjrin. 2019. Implementasi Kebijakan E-kinerja Di Sekretariat Daerah Kota Banda Aceh. Universitas Islam Negeri AR-RANIRY : Banda Aceh.

Sedarmayanti. 2011. Tata Kerja dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v9i1.2086

Article Metrics

Abstract view : 39 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 
http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index