PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI DIKANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEADAN CUKAI TIPE MADYA PABEAN B MEDAN

Mouchlizar Mouchlizar, Jhon Simon

Abstract


ABSTRAK

Peneliti memfokuskan penelitian di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Medan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kinerja atau kompetensi pegawai dalam upaya pengembangan sumber daya manusia. Untuk teknik pengumpulan data melalui wawancara,  peneliti mengambil sebagian pegawai kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Medan yang berjumlah 5 orang sebagai narasumber atau responden.

Berdasarkan hasil latar belakangbahwa masalah dari skripsi ini adalah apakah bentuk pengembangan sumber daya manusia terhadap peningkatan kompetensi, hambatan dan dampak dari pengembangan sumber daya manusia terhadap peningkatan kompetensipegawaidi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Medan, serta dorongan motivasi yang diberikan oleh pimpinan kepada pegawai untuk meningkatkan kompetensi atau  kinerja pegawai.

Tujuan skripsi ini untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan pimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Medan. Teori yang digunakan kinerja pegawai menurut Sedarmayanti, judul buku Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja.Metode penelitian yang dilakukan secara kualitatif,sedangkan teknik penelitian, pengumpulan data yang dilakukan adalah berupa observasi, wawancara, serta dokumen tambahan seperti, buku, dan informasi lainnya.

Berdasarkan hasil penelitianyang dilakukan pada kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Medan, bahwa upaya pengembangansumberdayamanusia terhadap peningkatankompetensipegawai antara lain: program diklat, program pembinaan keterampilan dan pembinaan mental pegawai, assesment, dan motivasi dalam bentuk capacity building.

Kata Kunci: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Peningkatan Kompetensi, Bea dan Cukai




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v8i2.1659

Article Metrics

Abstract view : 90 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 
http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index