IMPLEMENTASI KONSEP KOMUNIPRENEUR DALAM MEMBANGUN ENTREPRENIAL KAMPUS

H. Muchsin Al-Fikri, Nuraeni Karimah

Abstract


Abstrak

Untuk mengantisifasi dampak ancaman disrupsi di bidang komunikasi dimana banyak profesi yang tergerus oleh sistem robotik, maka seluruh stackholder yang bergerak di bidang komunikasi perlu dibekali jiwa komunipreneur. Komunipreneur sebagai pengembangan dari entrepreneurship merupakan konsep untuk mendidik dan melatih para mahasiswa untuk menjadi wirausahawan yang handal dalam berbagai jenis bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Bahkan lebih dari itu, mereka juga perlu dibekali dengan wawasan entrepreneurship yang holistik (holistikpreneur). 

Penelitian ini bertujuan untuk menginternalisasi konsep komunipreneur yang disosialisasikan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sangga Buana Bandung dan meneliti implementasi konsep komunipreneur di kampus tersebut.

Melalui pendekatan metode kualitatif, peneliti melakukan observasi dan dept-interview kepada key informan yaitu Wakil Dekan, Witri Cahyati, S. Sos, M. Si, Ketua Jurusan Ilkom, Pupi Indriati Zaelani, S. Sos, M. Si dan beberapa dosen USB.

Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan diantaranya; Universitas Sangga Buana sebagai kampus yang mengklaim sebagai kampus entrepreneur dituntut berupaya secara maksimal untuk menerapkan konsep enterpreneur guna mendukung terlahirnya para mahasiswa yang berjiwa mandiri dan berwirausaha di bidang Komunikasi.

Kebijakan rektorat tersebut selanjutnya dibreakdown oleh Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) dengan merumuskan dan mengimplementasikan konsep komunipreneur melalui empat bidang yaitu fotografi, videografi, publik speaking dan script wraiter.

 

Kata Kunci ; Komunipreneur, Holistikpreneur, entrepreneurship



DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v8i1.1476

Article Metrics

Abstract view : 68 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 
http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index