TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Muya Syaroh Iwanda Lubis

Abstract


Abstrak

Hidup pada era digital membuat kita bisa dengan mudah mnegakses informasi yang tak hanya cepat, tetapi juga besar. Hal ini juga mengubah cara kita mengkonsumsi hingga membagikan informasi itu. Kemajuan ilmu dan teknologi informasi telah banyak mengubah cara pandang dan gaya hidup masyarakat Indonesia dalam menjalankan aktivitas dan kegiatannya. Keberadaan dan peranan teknologi informasi dan Komunikasi telah membawa era baru perkembangan dunia, tetapi perkembangan tersebut belum diimbangi dengan peningkatan sumber daya manusia yang menentukan keberhasilan di Indonesia pada umumnya. Hal ini lebih desebabkan masih tertinggalnya sumber daya manusia kita untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam setiap proses kehidupan.

Peningkatan kinerja kebutuhan hidup di masa mendatang diperlukan sistem informasi dan teknologi informasi yang tidak hanya berfungsi sebagai sarana pendukung, tetapi lebih sebagai senjata utama untuk mendukung keberhasilan dunia dalam bidang apapun sehingga mampu bersaing di pasar global yang tetap berstandart islam.  Dasar-dasar filosofil untuk mengembangkan illmu teknologi dan komunikasi bisa dikaji  dan digali dalam al-quan, sebab kita suci ini banyak mengupas keterangan-keterangan mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi. Menelusiri pandangan Al-Quran tentang teknologi, banyak ayat al-quran yang berbicara tentang-Nya. Menurut sebagian ulama’ terdapat 750 ayat yang berbicara  tentang  alam  materi  dan  fenomenanya, memerintahkan  manusia  untuk  mengetahui dan memanfaatkan alam ini.Secara  tegas  dan  berulang-ulang  al Qur'an  menyatakan  bahwa  alam  raya diciptakan dan ditundukkan Allah untuk manusia.(QS. Al-Jatsiyah 45 :13).

Kata Kunci: Teknologi Informasi, Perspektif Islam



DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v8i1.1474

Article Metrics

Abstract view : 2383 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 2099 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 
http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index