Evaluasi Pelayanan Publik Dalam Perspektif Pengembangan Wilayah di Kota Medan
Abstract
Abstrak
  Pelayanan publik merupakan tahapan kedua setelah tahapan pembangunan sedangkan pemberdayaan merupakan tolok ukur keberhasilan pembangunan dan pelayanan publik yang dilakukan dalam rangka pengembangan wilayah. Pembahasan tentang pelayanan publik dalam perspektif pengembangan wilayah menjadi penting sejalan dengan awal pemerintahan Kota Medan Periode 2020 – 2024 hasil pemilukada 2014.Mengawali pemerintahan dengan hasil pemilukada yang tidak mencapai 50 % dari partisipasi politik masyarakat menjadi starting point yang sangat menentukan kembalinya Kota Medan sebagai kota yang mampu berkembang dengan berbasis pada pemberdayaan masyarakat.Evaluasi yang dilakukan menggunakan indikator pengembangan wilayah yang meliputi: kebijakan publik, infrasturuktur, pertumbuhan ekonomi dan sumberdaya manusia.Pengembangan Kota Medan tidak terlepas dari pembangunan nasional yang terkait infrastruktur namun tetap mengedepankan pentingnya konsep good governance untuk menjalankan pembangunan, pelayanan publik, dan pemberdayaan masyarakat.Dasar analisis yang dibangun adalah tahapan pembangunan yang meliputi pembangunan fisik yang diikuti dengan tahapan pelayanan publik.Sedangkan tahapan pemberdayaan masyarakat lebih kepada buah dari pembangunan dan pelayanan publik karena telah memberikan kepercayaan dan kesadaran masyarakat.Hal ini sejalan dengan konsep awal tuntutan pelayanan publik yang menuntut adanya penguatan kepentingan publik sesuai dengan tuntutan nilai-nilai demokrasi. Dalam konsep pembangunan nasional dinyatakan sebagai pembangunan yang memprioritaskan peningkatan sumberdaya manusia.Pelayanan publik dalam konteks pengembangan wilayah dalam berbagai sektor yang menjadi pembahasan berdasarkan upaya peningkatan kualitas masyarakat secara kuantitas dan secara kualitas.
Kata Kunci: Pembangunan,Pelayanan Publik,dan Pengembangan WilayahFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v8i1.1473
Article Metrics
Abstract view : 783 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 272 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Publik Reform
JURNAL PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at