Analisi Penerapan Layanan Pickup And Delivery Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Pada Cuci Sepatu Medan)
Abstract
        Abstrak
Layanan Pickup and Deliverysangat membantu konsumen dalam transaksi jual beli dan juga bertujuan untuk mendapatkan loyalitas konsumen.Keberhasilan suatu perusahaan jasa ditentukan oleh kemampuan perusahaan tersebut dalam membangun loyalitas pelanggan.Loyalitas pelanggan adalah kunci sukses bagi perusahaan, tidak hanya dalam jangka pendek, tetapi juga menjadi keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Loyalitas memungkinkan konsumen melakukan pembelian ulang pada produk tertentu setelah mendapatkan kepuasan pada suatu produk.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh layanan Pickup and Delivery terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini dilakukan pada Cucisepatu Medan yang terletak di jln.Umar No.113A dekat kampus UMSU. Penelitian ini menggunakan 96 responden sebagai sampel penelitian dan teknik penentuan sampel menggunakan Nonprobability Sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif yaitu meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, uji hipotesis melalui uji-t dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menggunakan pengujian hipotesis uji-t menunjukkan bahwa layanan pickup and delivery (X) berpengaruh terhadap loyalitas konsumen (Y). Data yang dihasilkan dari beberapa uji dalam penelitian ini diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut Y= 16,937 + 0,687X. Uji koefisien determinasi (R2) yang terlihat pada R square sebesar 0,466 menunjukkan bahwa 46% loyalitas konsumen dapat dijelaskan variabel layanan Pickup and Delivery. Sedangkan sisanya 54% dapat dijelaskan oleh variabel yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Â
Kata Kunci : Loyalitas Konsumen, Layanan Pickup and Delivery, dan CucisepatumedanFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v8i1.1472
Article Metrics
Abstract view : 601 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 1529 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Publik Reform
JURNAL PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at