INOVASI DAN KOLABORASI DALAM ERA KOMUNIKASI DIGITAL

Maria Ulfa Batoebara

Abstract


Abstrak

         Memasuki era baru revolusi industri 4.0 menjadi perbincangan dunia. Komunikasi menjadi kunci utama di era digital. Implementasi industri generasi keempat harus berkesinambungan untuk menggerakan sektor ekonomi, mencapai keberhasilan berbisnis di era digital, dibutuhkan ekosistem dan komunikasi yang terbentuk secara baik oleh para pelaku bisnis. Perubahan yang cepat menjadikan kesiapan untuk berbisnis dengan melalui komunikasi digital. Strategi komunikasi menjadi salah satu kata kunci dalam mengukur efektifitas  penyampaian sebuah gagasan terhadap tujuan. 

      Komunikasi telah menyebabkan arus informasi mengalir dengan deras dan cepat, pola-pola komunikasi linier mulai digantikan dengan pola-pola komunikasi simetris, pemanfaatan teknologi informasi komunikasi dan internet semakin mempercepat penetrasi pesan ke dalam berbagai elemen masyarakat.

Perkembangan teknologi dilakukan dalam bentuk digitalisasi. kemampuan komunikasi yang baik,  akan mengutarakan ide yang dimiliki.

Kata Kunci: Inovasi,Kolaborasi, Komunikasi



DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v8i1.1470

Article Metrics

Abstract view : 654 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 353 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 
http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index