FAKTOR PENENTU PENERAPAN JEJARING ANTAR ORGANISASI (INTER-ORGANIZATIONAL NETWORK)DALAM PENGENDALIAN KARHUTLA DI KABUPATEN ROKAN HILIR

FEBRI YULIANI

Abstract


Abstrak

Persoalan kebakaran lahan dan hutan yang melibatkan banyak faktor dan kepentingan, memerlukan kerjasama berbagai stakeholder atau pemangku kepentingan atau jejaring kerjaantar-organisasi (inter-organizational network). Terlebih, dalam proses governance berkonsekuensi pada jejaring kerjaantar-organisasi yang terlibat dan berkepentingan Penelitian ini bertujuan Untuk mengkaji dan menganalisis Faktor Penentu Penerapan Jejaring Antar Organisasi (inter-organizational network)dalam Pengendalian Karhutla di Kabupaten Rokan Hilir.

Penelitian ini dilaksanakan di Provinsi Riau, khususnya di Kabupaten Rokan Hilir. Metode  yang dilakukan adalah kualitatif. Data yang diperlukan dalam penelitian ini terdiri atas data primer dan data sekunder. Yang menjadi unit analisis dalam penelitian ini adalah orang-orang yang dianggap memiliki pengetahuan tentang Faktor Penentu Penerapan Jejaring Antar Organisasi (inter-organizational network)dalam Pengendalian Karhutla di Kabupaten Rokan Hilir

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebakaran Hutan dan lahan yang terjadi di Kabupaten Rokan Hilir lebih banyak terjadi pada perkebunan perusahaan dan selebihnya dari kebun masyarakat. Faktor Penentu Penerapan Jejaring Antar Organisasi (inter-organizational network) dalam Pengendalian Karhutla di Kabupaten Rokan Hilir adalah : Regulasi, lingkungan politik, lingkungan sosial budaya, sumberdaya manusia, sarana dan prasarana,dananggaran. Rekomendasi penelitian ini adalah Memprioritaskan program pengendalian karhutla di Kabupaten Pelalawan, mulai dari pencegahan, pemdaman, hingga pemulihan pascakebakaran serta Pemerintah Daerah mensosialisasikan secara massif pembukaan lahan dengan cara membakar tidak membakar (metode tanpa bakar/zero burning), serta penyediaan sarana dan prasarana untuk mencegah, menanggulangi dan perbaikan pasca terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Kata kunci : Implementasikebijakan, jejaringantarorganisasi, kebakaranhutan dan lahan




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v8i1.1467

Article Metrics

Abstract view : 159 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 
http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index