PERAN PENYULUHAN AGAMA ISLAM KANTOR URUSAN AGAMA DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TENTANG PEMAHAMAN AGAMA ISLAM DI KECAMATAN MEDAN BARAT

Hanna Ovino

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran yang dilakukan oleh Penyuluhan Kantor Urusan Agama Dalam Program Pemberdayaan Masyarakat Tentang pemahaman Agama Islam Di Kecamatan Medan Barat. Objek penelitian ini adalah bapak H. Ahmad Kamil Harahap. MA, sebagai Kepala KUA Medan Barat, Drs. Perdamean Lubis serta Ibu Nur Aini. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa peran penyuluhan dalam program pemberdayaan masyarakat tentang pemahaman sangatlah baik dalam melakukan program tersebut Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran penyuluh Kemeterian Agama dalam menyampaikan dakwah Islam di Kecamatan Medan Barat, untuk mengetahui bentuk dakwah penyuluh Kementerian Agama di Kecamatan Medan Barat dan untuk mengetahui peran serta program apa saja yang timbul saat melakukan penyuluhan terhadap masyarakat jama’ah perwiritan kaum bapak, kaum ibu, mimbar khutbah jumat di Kecamatan Medan Barat. Peneliti menggunakan metode kualitatif yaitu dengan penelitian lapangan cara melakukan wawancara mendalam terhadap penyuluh di Kecamatan payung dan di dukung oleh data kepustakaan dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Yang disampaiakan berbeda-beda, diantara Materi-materi yang di sampaikan adalah Tauhid, Aqidah, Fiqih.

Kata Kunci: Peran Penyuluhan, Program, Pemberdayaan Masyarakat



DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v7i1.1370

Article Metrics

Abstract view : 343 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 782 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Publik Reform



INDEXING :

    

MEMBER of :

 

PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index