PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN KINERJA KEPALA DUSUN DI DESA LAUT DENDANG KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG

Muhammad Al Rizky Adinda, Jhon Simon

Abstract


ABSTRAK
Kepemimpinan memiliki peran yang sangat penting dalam bidang pemerintahan, organisasi, bahkan dalam kehidupan sehari-hari. seorang pemimpin memiliki peran yang cukup besar bagi pegawainya karena maju tidaknya suatu pegawai sangat tergantung pada kemampuan seorang pemimpin dalam membina dan mengarahkan anggotanya untuk mencapai tujuan bersama, Pemimpin diharapkan dapat mewujudkan perubahan-perubahan yang diinginkan oleh masyarakat. Penelitian dengan Judul “Peranan Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kinerja Kepala Dusun Di Desa Laut Dendang Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang”, memiliki rumusan masalah penilitian adalah (1). Bagaimana peranan kepemimpinan kepala desa dalam meningkatkan kinerja kepala dusun, (2).Bagaimana upaya kepala desa dalam meningkatkan kinerja kepala dusun. Tujuan Penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui peranan kepala desa dalam meningkatkan kinerja kepala dusun, (2). Untuk mengetahui upaya kepala desa dalam meningkatkan kinerja kepala dusun. Penelitian ini menggunakan metode field research atau penelitian lapangan. Adapun sumber data yang di gunakan adalah data primer dan sekunder dari kantor Kepala Desa Laut Dendang. Data akan di analisa dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Landasan teori yang di gunakan adalah teori otokritas, psikologis, sosiologis, suportif, perilaku peribadi, situasi. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, di peroleh kesimpulan bahwa peranan kepemimpinan kepala desa dalam meningkatkan kinerja kepala dusun di desa laut dendang dengan cara membimbing membina serta mengarahkan kepala dusun untuk meningkatkan kinerjanya dalam menjalankan roda pemerintah desa dan upaya yang dilakukan oleh kepala desa dalam meningkatkan kinerja kepala dusunnya dengan cara memotivasi, mengatur, mengamati dan mencegah terjadinya kesalahan dalam bekerja serta mengevaluasi kembali kinerja kepala dusunnya dalam kegiatan program-program yang dilakukan agar dapat meningkatkan hasil yang lebih baik kedepannya.
Kata Kunci : Kepemimpinan, Kinerja dan Motivasi




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v6i0.1248

Article Metrics

Abstract view : 110 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 
http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index