ANALISIS PROGRAM PEMERINTAH DESA DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA MANUNGGAL KECAMATAN LABUHAN DELI KABUPATEN DELI SERDANG

Wulandari Wulandari, Budiman Purba

Abstract


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program pemerintah Desa dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di Desa Manunggal Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang, dan untuk mengetahui faktor penghambat program pemerintah Desa dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di Desa Manunggal Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan field research atau penelitian lapangan. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder dari Kantor Desa Manunggal. Data dianalisa dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Landasan teori yang digunakan adalah teori pemberdayaan dengan indikator enabling, empowering, dan protecting. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan Program Pelatihan Pemberdayaan tersebut berjalan dengan lancar dan efektif tanpa hambatan dan kendala yang besar. Antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk mengikuti Pelatihan Pemberdayaan ini dengan tujuan dapat memperbaiki kehidupannya. Peningkatan kesejahteraan masyarakat dari sektor perekonomian yaitu pendapatan mengalami perubahan menjadi lebih baik lagi.
Kata Kunci : Pemerintah Desa, Pemberdayaan, Kesejahteraan Masyarakat




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v6i0.1245

Article Metrics

Abstract view : 71 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 312 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 
http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index