ANALISIS PERAN KEPALA LINGKUNGAN DALAM PERDA NO 23 TAHUN 2006 TENTANGADMININISTRASI KEPENDUDUKANDIKELURAHAN KESAWANKECAMATAN MEDAN BARAT

Marhamah Marhamah, Budiman Purba

Abstract


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaaan Perda No 23 Tahun 2006 terhadap Administrasi Kependudukan di Kelurahan Kesawan Kecamatan Medan Barat, dan untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat keberhasilan pelaksanaan Perda No 23 Tahun 2006 terhadap Administrasi Kependudukan di Kelurahan Kesawan Kecamatan Medan Barat. Metode Penilitian menggunakan metode kualitatif digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiyah, dimana peneliti adalah instrument kunci. Objek penelitian yang di teliti adalah Lurah, Sekertaris Lurah, PNS sebagai petugas registrasi Kependudukan di Kelurahan Kesawan dan Masyarakat penerima pelayanan. Pensosialisasian salah satu langkah penting dalam melaksanaan Perda No 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, sehingga faham masyarakat terhadap Pendaftaran Kependudukan semakin baik. Pengabaian pentingnya sosialisasi akan menghambat capaian maksimal implementasi Perda tersebut. Kebijakan Pemerintah Kota Medan dengan melakukan koordinasi kerja kepada Kecamatan Medan Barat dalam hal biaya operasional yang diberikan kepada Kelurahan Kesawan untuk menjalankan tugasnya pad abiding Administasi Kependudukan.Hasil dari penelitiani ni proses Sosialisasi Administrasi Kependudukan kepada masyarakat, menjadi salah satu langkah penting dalam pelaksanaan Perda No 23 Tahun 2006 Tentang AdminstrasiKepedudukan. Melalui sosialisasi ini pendaftaran Kependudukan semakin baik. Pengabaian pentingnya sosialisasi akan menghambat capaianm aksimal implementasi Perda tersebut. Hal ini terwujud berkata danya sosialisasi yang terlaksana secara rutin pada setiap hari seninnya.
Kata Kunci :KepalaLingkungan, AdministrasiKependudukan, Domisili,KartuKeluarga.




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v6i0.1242

Article Metrics

Abstract view : 124 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 592 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Publik



INDEXING :

    

MEMBER of :

 

PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index