STRATEGI KOMUNIKASI SEKOLAH PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN KAPASITAS PEREMPUAN MISKIN DI WILAYAH KEPULAUAN KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN

Muhammad Ilham

Abstract


ABSTRAK
Sekolah perempuan merupakan program kegiatan pendidikan nonformal yang diperuntukkan bagi perempuan miskin di Pulau Pangkajene dan Kabupaten Kepulauan (Pangkep) untuk meningkatkan pemahaman tentang hak-hak mereka dalam melaksanakan program pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab: 1) faktor penghambat sekolah perempuan dalam peningkatan kapasitas perempuan miskin 2) dan strategi sekolah perempuan dalam peningkatan kapasitas perempuan miskin di nusantara. Hasil metode deskriptif kualitatif ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menghambat sekolah perempuan dalam meningkatkan kapasitas perempuan miskin bersumber dari faktor internal; yang menyangkut pribadi, pendidikan, keluarga dan budaya sedangkan faktor eksternal, antara lain dari kondisi geografis, akses informasi, dan pemerintahan. Kedua faktor tersebut mempengaruhi kehidupan keluarga perempuan miskin di Kepulauan Kepangkep. Strategi komunikasi yang diterapkan oleh sekolah perempuan dalam meningkatkan kapasitas perempuan miskin adalah pengenalan audiens, kompilasi pesan, penentuan metode, penggunaan media, dan peran media. komunikator.
Kata kunci, strategi komunikasi, sekolah perempuan, peningkatan kapasitas




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v3i2.844

Article Metrics

Abstract view : 155 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 189 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Ilham



Jurnal Network Media Terindex pada:

  

Jurnal Network Media Berkolaborasi dengan:

 

NETWORK MEDIA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index