STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE DALAM MEMPROMOSIKAN ANEKA MAKANAN RINGAN PADA USAHA OLSHOPGURLS

Rahma Hidayati, Maria Ulfa Batoebara, Rafiqah Yusna Siregar

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang strategi komunikasi pemasaran online dalam mempromosikan aneka makanan ringan pada usaha olshopgurls. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah owner olshopgurls dan 3 (tiga) orang pelanggan olshopgurls sebagai triangulasi sumber. Teknik pengumpulan data meliputi observasi non partisipan, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan model Miles & Huberman dengan langkah-langkah; reduksi data, penyajian data dan menghasilkan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran online yang dilakukan oleh olshopgurls dengan memanfaatkan beberapa media sosial seperti Instagram dan Facebook serta Instant Messenger seperti Whatsapp yaitu strategi komunikasi pemasaran online semakin meningkat. Oleh karena itu, hal ini terlihat oleh peneliti sendiri pada usaha olshopgurls yang dimana informasi yang disampaikan dalam wujud konten digital yang berupa aneka produk yang dijual seperti ricebowl, salad buah, burger, mochi buah, dessert buko, cake brownis, corndog dan aneka makanan lainnya. Hal tersebut diperjual belikan dengan melakukan promosi melalui sosial media. Selain itu, menurut konsumen selaku triangulasi sumber bahwa pelayananan yang diberikan oleh olshopgurls sangat memuaskan dan tidak hanya itu produk yang diperjual-belikan selalu mempunyai harga yang terjangkau sehingga produknya bisa dibeli dan di nikmati oleh semua kalangan.


Keywords


Strategi Komunikasi, Pemasaran, Online, Olshopgurls.

Full Text:

PDF

References


Buku

Ayesha, I. dkk. (2022). Digital Marketing (Tinjauan Konseptual). PT. Global Eksekutif Teknologi.

Effendi, dkk. (2022). Strategi Pemasaran. Sumatera Barat: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Firmansyah, M.A. (2020). Komunikasi Pemasaran. CV Penerbit Qiara Media, Pasuruan, Jawa Timur.

Ginting, R. dkk. (2021). Etika Komunikasi Dalam Media Sosial: Saring SebelumSharing. Penerbit Insania.

Hikmawati, F. (2020). Metodologi penelitian (Edisi 1). PT RajaGrafindo Persada.

Kriyantono, R. (2020). Teknik Praktis Riset komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group, 30.

Siregar, R.Y. dkk. (2023). Strategi Pemasaran Dengan Platform Digital Untuk Pemula (Edisi 1). CV Prokreatif.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Widiastuti, R.N. (2018). Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial Dalam Lembaga Pemerintahan. Dirjen Pengelolaan Media, Jakarta Pusat.

Yasir. (2020). Pengantar Ilmu Komunikasi: Sebuah Pendekatan Kritis dan Komparatif. Deepublish.

Jurnal

Antasari, C. & Pratiwi, R.D. (2022). Pemanfaatan Fitur Instagram Sebagai Sarana Komunikasi Pemasaran Kedai Babak Keroyokan Di Kota Palu. Jurnal Kinesik (Vol. 09 No. 2, pp. 178-179).

Cahyaningtyas, TN (2020). Analisis dampak pandemi virus Corona terhadap motivasi belajar siswa kelas II SD Percobaan II Malang. Dalam Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 4, No. 1, pp. 434-440).

Hasmarani Yunita, S., & Johantan, A. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN GREATSTORE DALAM GUNAKAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI ONLINE. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 190-204.

Hodsay, Z., & Yolanda, Z. (2019). Analisis Penilaian Kesehatan Keuangan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sejahtera SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Jurnal Propit: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 6(2), 114-125.

Indrawan, J. & Ilmar, A. (2020). Kehadiran Media Baru (New Media) Dalam Proses Komunikasi Politik. Medium, 8(1), 1-17.

Nasution, D. A., Batoebara, M. U., & Junaidi, J. (2020). Peran Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jual-Beli Online Pada Facebook. Jurnal Bisnis Corporate, 6(2), 102-106.

Rahardjo, B., Ediyono, S., & Putri, D. K. (2020). Implementasi Pemberdayaan Masyarakat Miskin melalui Family Development Session (FDS) pada Program Keluarga Harapan (PKH). Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat Berkala, 2(2), 72-77.

Rahartri, LIPI (2019). "WHATSAPP" MEDIA KOMUNIKASI EFEKTIF MASA KINI (STUDI KASUS PADA LAYANAN JASA INFORMASI ILMIAH DI KAWASAN PUSPIPTEK. VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 21 (2), 147-156.

Ridhwan, R. P., Saragi, S., & Jaffisa, T. (2022). STRATEGI DINAS KOPERASI DAN UKM KABUPATEN DELI SERDANG DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PADA MASA PANDEMI COVID-19. Publik Reform, 9(1), 9-18. 58

Siregar, R. Y. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Pelaku Umkm “Kriken” Dalam Upaya Membantu Perekonomian Masyarakat Era Pandemi Covid-19. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Dharmawangsa, 16(4).

Suka, E. A. A. G., & Lubis, S. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mempromosikan Produk Homemade Kefir di Kota Medan. Network Media, 2(2), 1-27.

Suwianto, S., & Pelawi, P. (2023). Strategi Efektivitas Pemasaran Produk Melalui Media Online. Jurnal Semua Bidang Sains Penghubung Akademisi dan Masyarakat, 3 (2), 122- 128.

Yahya, M., Syaharullah, S., & Syarif, A. (2021). Penggunaan Facebook Dalam Promosi Produk Barang Jadi. PILAR, 12 (2), 27-38.

Skripsi

Nasution, D.A (2020). Pengaruh Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jual-Beli Online Pada Facebook (Studi Deskriptif akun group kedai medan). Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Dharmawangsa.

Sahin, S. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Akun Instagram@ beautymaskerofficial (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Sumber Lain

Apjii.or.id, 10 Maret 2023, Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang. Diakses pada tanggal 12 Desember 2023.https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii- pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215 juta-orang

Business.whatsapp.com, Fitur Aplikasi Bisnis. Diakses pada tanggal 20 Desember 2023.

https://business.whatsapp.com/products/business-app-features?lang=id_ID

Gaya.tempo.co, 21 januari 2023, Apa yang dimaksud makanan ringan alias camilan dan seberapa bermanfaat. Diakses pada tanggal 20 Desember 2023. https://gaya.tempo.co/read/1682189/apa-yang-dimaksud-makanan-ringan-alias-camilan- dan-seberapa-bermanfaat

Revou.co, Pilar Konten. Diakses pada tanggal 20 Desember 2023. https://revou.co/kosakata/content-pillar

Tekno.kompas.com, 19 Januari 2018, Resmi, WhatsApp Business Bisa Diunduh dan Dipakai di Indonesia. Diakses pada tanggal 20 Desember 2023. https://tekno.kompas.com/read/2018/01/19/07015747/resmi-whatsapp-business-sudah- bisa-diunduh-dan-dipakai-di-indonesia

Tekno.kompas.com, 14 Februari 2023, 15 Media Sosial Favorit Orang Indonesia Nomor 1 Bukan Instagram. Diakses pada tanggal 20 Desember 2023. https://tekno.kompas.com/image/2023/02/14/10300097/15-medsos-favorit-orang indonesia-nomor-1-bukan-instagram?page=2

Youtube.com, 10 Desember 2023, Strategi Komunikasi Pemasaran Online. Diakses pada tanggal 20 Desember 2023. https://www.youtube.com/watch?v=E7RHlHeP5gc




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i2.6513

Article Metrics

Abstract view : 9 times
PDF – 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rahma Hidayati, Maria Ulfa Batoebara, Rafiqah Yusna Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index