PENGELOLAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA BRANDING BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK DKI JAKARTA

Fatimah Azzahra Citra Adila, Rici Tri Harpin Pranata

Abstract


Perkembangan media sosial sebagai sarana komunikasi publik menuntut instansi pemerintah untuk mampu membangun citra yang kuat dan kredibel di ruang digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan media sosial Instagram oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) DKI Jakarta dalam membangun citra kelembagaan serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam proses tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka selama kegiatan magang berlangsung. Hasil analisis data disajikan dalam bentuk uraian naratif berdasarkan pendekatan Circular Model of  “SOME”  oleh Regina Luttrell yang mencakup tahapan Share, Optimize, Manage, dan Engage. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan akun Instagram @bakesbangpoldki.jakarta telah dilakukan secara aktif dengan konten edukatif dan dokumentatif yang mendukung citra lembaga. Tantangan yang dihadapi antara lain terbatasnya SDM yang kompeten dalam digital branding serta belum optimalnya segmentasi audiens. Namun, secara keseluruhan, akun Instagram Bakesbangpol DKI Jakarta berperan penting dalam membentuk citra lembaga pemerintah yang responsif, informatif, dan adaptif terhadap perkembangan komunikasi digital.


Keywords


Instagram; Media sosial; Branding; Komunikasi Pemerintahan; Bakesbangpol DKI Jakarta

Full Text:

PDF

References


Adhilni, D. R., & Ikaningtyas, M. (2023). ”Pengembangan UMKM Sandalku Handmade Kedung Baruk Melalui Branding di Media Sosial Instagram”. SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2), 141–152.

Aisyah, R. N., Fadilah, E., & Sjafirah, N. A. (2020). ”Penggunaan Infografis Pada Akun Instagramtirtoid Sebagai Strategi Cross-Media”. Jurnal Kajian Jurnalisme, 3(2), 210.

Https://Doi.Org/10.24198/Jkj.V3i2.22276

Carnawi, Hermawan, I., & Azzahro, F. (2024). ”Konsep Membangun Branding Image Untuk Meningkatkan Kepercayaan Terhadap Lembaga Pendidikan Islam”. Al-Bahjah Journal Of Islamic Education Management, 2(1), 12–26.

Jhatysunda, N. R. (2020). Pengelolaan Media Sosial Instagram @Pajakcicadas Sebagai Upaya Meningkatkan Citra Lembaga (Skripsi, Uin Sunan Gunung Djati Bandung).

Khotimah, N. K. (2021). ”Pemanfaatan Media Sosial Oleh Praktisi Humas Pemerintah Di Indonesia”. Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). ”Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara”. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 1–13.

Nasrullah, R. (2020). ”Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi”. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Prajariani, D. (2020). ”Media Sosial Periklanan Instagram”. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Rosyida, M. (2023, Agustus 16). Tips Menggunakan Insight Instagram untuk Bisnismu. DomaiNesia.

https://www.domainesia.com/berita/insight-instagram/

Safitri, D., & Nugroho, A. (2022). ”Strategi Pengelolaan Media Sosial Dalam Meningkatkan Branding Organisasi”. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(1), 45–57.

Setyoko. (2015). ”Peran Dan Strategi Humas (Public Relation) Di Institusi Perguruan Tinggi Vokasi”. Jurnal Orbith, 11(1), 41–45.

Soelaiman, A. (2024). ”Strategi Branding: Membangun Citra Merek Yang Konsisten Dan Efektif”. Surabaya: Cv. Garuda Mas Sejahtera.

Soelaiman, A. (2023). ”Pengenalan Branding: Dasar-Dasar Membangun Brand Yang Kuat”. Surabaya: Cv. Garuda Mas Sejahtera.

Linda, Kevin Rohman Nurfauzi, and Khusnul Amalin. 2024. “Circular Model of SOME Dalam Komunikasi Korporasi MYLK Di Media Sosial Instagram.” ANALOGI Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 2(2):32–47. doi: 10.61902/analogi.v2i2.1026.

Nisrina Fajari, and Diana Khuntari. 2023. “Pengaruh Konten Instagram Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers @Wonosobozone.” Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi 3(2):42–55. doi: 10.55606/juitik.v3i2.475.

Pamungkas, Deva Satria, Indra Bahari Saputra, and April Laksana. 2024. “Strategi Komunikasi Digital Melalui Media Sosial Untuk Membangun Kepercayaan Konsumen.” 1.

Susilo, Budi. 2018. “Pemasaran Digital: Segmentasi Demografi Pengguna Media Sosial Di Kota Pontianak.” Eksplora Informatika 8(1):69. doi: 10.30864/eksplora.v8i1.163.

Zaesar Adli. 2024. “IMPLEMENTASI THE CIRCULAR MODEL OF SOME DALAM PENGELOLAAN KONTEN ISLAMI DI INSTAGRAM @ALIF IQRA.”




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i2.6500

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fatimah Azzahra Citra Adila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index