PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @FISIPUNSIKA SEBAGAI SARANA INFORMASI MAHASISWA FISIP UNSIKA
Abstract
Penelitian ini menganalisis perilaku pencarian informasi siswa melalui Instagram @fisipunsika untuk memenuhi kebutuhan informasi. Menggunakan pendekatan fenomenologi, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan sembilan informan dari berbagai semester di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang. Hasil menunjukkan siswa memiliki beragam motif, termasuk kebutuhan akan informasi yang akurat dan interaksi yang ramah. Informasi dianggap bermanfaat dan mempermudah akses terhadap informasi penting perkuliahan, dengan siswa memaknai akun ini sebagai sumber valid dan terpercaya. Pengalaman siswa bervariasi; mahasiswa baru mencari informasi dasar, sedangkan mahasiswa semester akhir lebih fokus pada kelulusan. Penelitian ini mengungkapkan peran media sosial sebagai alat yang efektif dalam memenuhi kebutuhan informasi akademis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Allawi, M. A., Mayasari, M., & Yusup, E. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Mempromosikan Kedai Kopi Smntara Coffee. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(8), 3719-3727.
FISIP Unsika. (2022). Sejarah FISIP Unsika. Retrieved from Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang: https://fisip.unsika.ac.id/p/sejarah.html
Firjatulloh, M. I. (2024). Mengungkap Tren Remaja dan Motivasi Konsumen dalam. Journal Communication Science.
Maharani, Poerana, A.F., & Budhiharti, T.W. Pemanfaatan Media Sosial Instagrampada Akun @Leech_Store sebagai Media Promosi Distribution Outlet(Distro). Dawatuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting
Inskandar, D., & M. Jacky. (2015). Studi Fenomenologi Motif Anggota Satuan Resimen Mahasiswa 804 Universitas Negeri Surabaya. Universitas Negri Surabaya.
Listianingrum, R., Poerana, A. F., & Arindawati, W. (2021). Strategi Komunikasi Melalui Media Instagram Dalam Memberikan Informasi Kepada Mahasiswa. Jurnal Pustaka Komunikasi Univeritas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) , 11-23.
Putri, N. A. (2024, Februari 09). Tren Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa. Retrieved from osc.medcom.id: https://osc.medcom.id/community/tren-penggunaan-media-sosial-di- kalangan-mahasiswa-643
Rohmawati, I. E., & Arfa, M. (2022). Perilaku Pencarian Informasi mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Undip. Jurnal Anuva Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi Universitas Diponegoro, 506.
Rainer, P. (2024, Juli 1). Inilah Media Sosial yang Paling Sering Dipakai di Indonesia. Retrieved from GoodStats Article: https://goodstats.id/article/inilah-media-sosial-paling-sering-dipakai- di-indonesia-Pdyt0
Sobari, M. I. (2023). Motif Komunikasi Followers Akun Twitter@ Radenrauf Dalam Menggunakan Tagar# Lovestory. Jurnal Komunikatio, 9(1), 1-14.
DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i2.6418
Article Metrics
Abstract view : 5 timesPDF – 7 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Suci Oktavia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:
JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index