MAKNA BRAND COMMUNITY BAGI BEAUTY INFLUENCER PADA MEMBER RUBI COMMUNITY
Abstract
RUBI Community hadir sebagai brand community yang bertujuan memberdayakan perempuan Indonesia melalui dunia kecantikan serta membentuk beauty influencer yang otentik dan berkarakter. Dengan jumlah pengikut tinggi dan engagement aktif di Instagram maupun platform lainnya, komunitas ini menjadi bukti kuatnya relasi antara brand dan penggunanya di era digital. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui makna brand community bagi beauty influencer melalui pengalaman member RUBI Community. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dengan metode kualitatif melalui teori fenomenologi Alfred Schutz. Subjek dalam penelitian ini berjumlah lima orang yang merupakan seorang beauty influencer dan pernah menjadi member RUBI Community. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi non partisipan, studi dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini ditemukan beragamnya makna yang dirasakan beauty influencer dalam menjadi member RUBI Community, diantaranya motivasi untuk aktif berkonten, ruang yang suportif dan positif, tempat pengembangan personal branding, serta sarana untuk tumbuh dalam kepedulian sosial dan lingkungan melalui program yang dibuat oleh komunitas tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
APJII. (2024, February 07). Retrieved from apjii.or.id: https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang#:~:text=APJII%20Jumlah%20Pengguna%20Internet%20Indonesia,jiwa%20penduduk%20Indonesia%20tahun%202023.
Anisah, H., Abidin, Z., & Budhiharti, T. W. (2023). Tzu Chi dan Cinta Kasih: Konstruksi Makna Cinta Kasih bagi Anggota Relawan Tzu Chi. Jurnal Pendidikan Tambusai .
Chahyani, H. (2023). Analisis Pengaruh Brand Community dan Brand Image terhadap Brand Loyalty (Studi Kasus pada RUBI Community Avoskin di Kota Bandung).
Edna, J. A. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Instagram 'Reels' dalam Mendorong Engagement pada Program Campus Ambassador. Gunadarma Library.
Fajrin, M. R. (2024). Strategi Komunikasi RUBI Community dalam Mengkampanyekan Pemberdayaan Perempuan. Gunadarma Library.
Nabila, T. (2024). Pengaruh Brand Community terhadap Brand Loyalty ((Survei pada member Rubi Community di Media Instagram @rubicommunity). Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Putri, A. M. (2024). Motif Menonton Video pada Akun @tercipungcipung terhadap Kepuasan Hiburan pada Followers Instagram. Gunadarma Library.
RUBI by Avoskin. (n.d.). (Avoskin Beauty) Retrieved October 2024, from RUBIcommunity.com: https://RUBIcommunity.com/
Sabila, Z., Abidin, Z., & Fitriana, A. P. (2023). Make UpDan Identitas: Konstruksi Identitas Diri Pengguna Make UpKorea( Studi Fenomenologi Remaja Akhir di Cikarang Barat).
Sobari, M. I., Mayasari, & Nurkinan. (2023). MOTIF KOMUNIKASI FOLLOWERS AKUN TWITTER @RADENRAUF DALAM MENGGUNAKAN TAGAR #LOVESTORY. Jurnal Komunikatio.
Titania, Intan Putri; Sudrajat, Ratih Hasanah. (2024, September). Pengaruh Konten Instagram Dan Kredibilitas Beauty Influencer Nanda Arsyinta Terhadap Gaya Hidup Remaja. Jurnal Pustaka Komunikasi, 7.
DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i2.6410
Article Metrics
Abstract view : 5 timesPDF – 8 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nadira Hajarani, Zainal Abidin, Tri Widya Budhiharti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:
JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index