PENGARUH INSTAGRAM @PILEM.AGAK.LAEN TERHADAP MINAT MENONTON FILM AGAK LAEN

Daffa Pratama, Muhamad Ramdhani, Hendry Roris P. Sianturi

Abstract


Penelitian ini mengkaji meningkatnya pemanfaatan media sosial, khususnya Instagram, oleh industri film di Indonesia sebagai sarana promosi. Fokus penelitian ini adalah akun Instagram @pilem.agak.laen yang dikelola oleh Imajinati Pictures untuk mempromosikan film “Agak Laen”, sebuah film bergenre horor komedi yang berhasil menjadi film terlaris di Indonesia pada tahun 2024 dengan total 9.125.188 penonton. Penelitian ini menggunakan model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) untuk menilai pengaruh promosi melalui Instagram terhadap minat menonton masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel non-probabilitas yang menyasar pengikut akun Instagram tersebut. Analisis data meliputi statistik deskriptif, uji normalitas, regresi linier sederhana, koefisien determinasi, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi melalui Instagram memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat menonton sebesar 65,6%, sedangkan 34,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor eksternal lainnya.


Keywords


Instagram, Promosi Film, Model AIDA, Minat Menonton, Pemasaran Media Sosial.

Full Text:

PDF

References


Engel, B., Blackwell, R., & Miniard. (1995). Perilaku Konsumen.

Hadi, S., & Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Pacitan, P. (2021). EKSISTENSI MEDIA ONLINE MEDIAKITA.INFO MELALUI PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN. https://mediakita.info

Kaleb, S., Program, J. S., Manajemen, S., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Bangsa, H. (2021). PENGARUH ATTENTION, INTEREST, DESIRE, ACTION (AIDA) TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN SPOTIFY. Journal of Accounting and Business Studies, 6(2).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip PEMASARAN.

Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode penelitian kuantitatif. Deepublish.

Morrisan, M. A. (2012). Metode penelitian survei. Kencana.

Sekar Rani, J. A. (2023). PENGARUH KONTEN INSTAGRAM @REALMOBILELEGENDS.ID TERHADAP MINAT BELI FOLLOWERS.

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta, 15, 1-332.

Sumartias, S., Subekti, P., & Syuderajat, F. (2022). LITERASI INFORMASI DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL. In Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat (Vol. 11, Issue 4).

We Are Social. (2024, January). Digital 2024: Indonesia explores the country’s evolving digital and social landscape. We Are Social. https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024/

Widyastuti, S. (2017). MANAJEMEN KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU.




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i2.6407

Article Metrics

Abstract view : 2 times
PDF – 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Daffa Pratama, Muhamad Ramdhani, Hendry Roris P. Sianturi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index