MANAJEMEN KOMUNIKASI DIGITAL PADA KANAL YOUTUBE PUSAT ‎DAKWAH ISLAM JAWA BARAT

Fathiyatulhaq Shafna Salsabila, Neng Vivie Nurfauziah Rukmini, Asep Nuryaman‎, Muhammad Salman Abidin

Abstract


Pusat Dakwah Islam (PUSDAI) merupakan Masjid milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang aktif menggunakan Youtube sebagai sarana dakwah di era serba digital. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lebih dalam mengenai praktik manajemen komunikasi digital yang dilaksanakan oleh tim IT PUSDAI Jabar sebagai sarana dakwah pada kanal Youtube PUSDAI Jabar Channel. Metode yang digunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian menyimpulkan bahwa PUSDAI Jabar memiliki empat Wakil Ketua DKM dengan penambahan Bidang IT (pengelolaan media digital masjid) sejak tahun ‎‎2015, hal ini yang membedakan dengan kepengurusan DKM lainnya. Adapun praktik manajemen komunikasi digital yang dilaksanakan oleh tim IT PUSDAI pada kanal youtube PUSDAI Jabar Channel, dilaksanakan melalui tiga tahapan pengelolaan yaitu tahap perencanaan, aktivitas dan evaluasi. Sehingga, menunjukan keberhasilan dan eksistensi Masjid PUSDAI Jabar yang konsisten mempublikasikan konten video dakwah dengan menghadirkan Mubaligh dari beragam daerah.


Keywords


Manajemen Komunikasi Digital, Dakwah, Media Sosial, Youtube, PUSDAI Jabar

Full Text:

PDF

References


Amin, S. M. (2009). Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah.‎

Annur, C. M. (2023). Terus Bertambah, Jumlah Pengguna Youtube di Dunia Capai 2,68 ‎Miliar Orang per Kuartal I-2023. Databoks Katadata.‎

Bungin, B. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.‎

Cholis, N., Wardiana, D. (2018). Manajemen Strategi Redaksi Dan Bisnis Koran Olahraga ‎Topskor Dalam Menghadapi Persaingan Dengan Media Online Di Era Konvergensi ‎Media. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(2), 124–146. ‎https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jkj.v1i2.21336‎

Effendy, O. U. (2009). Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.‎

Enjang, A., & Aliyudin. (2009). Dasar-dasar Ilmu Dakwah. Bandung: Widya Pajajaran.‎

Ferguson, S. D. (1999). Communication Planning: An Integrated Approach. Thousand ‎Oaks, CA: SAGE Publication Inc. ‎https://doi.org/https://doi.org/10.4135/9781452233352‎

Gregory, A. (2010). Planning and Managing Public Relations Campaigns: A Strategic ‎Approach. London: Kogan Page.‎

Heath, R. L. (2005). Encyclopedia of Public Relations. Los Angeles: SAGE Publications, ‎Inc. https://doi.org/https://doi.org/10.4135/9781412952545‎

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media ‎Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen ‎Komunikasi, 3(1), 18. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963‎

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.‎

Mulyana, D. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi ‎dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.‎

Mustikasari, R., Zakiah, K., & Rantona, S. (2022). Strategi Manajemen Komunikasi Media ‎Online Cerdik Indonesia Dalam Mengatasi Persaingan Antarmedia Online. Jurnal ‎Common, 5(2), 192–200. https://doi.org/10.34010/common.v5i2.6359‎

Nasrullah, R. (2022). Manajemen Komunikasi Digital Perencanaan, Aktivitas, dan ‎Evaluasi. Jakarta: Prenada Media Group.‎

Putra, I. M. (2020). Panduan Mudah Menyusun SOP. Penerbit QUADRANT.‎

Rahmat, J. (2000). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.‎

Saktisyahputra, S. (2022). Manajemen Komunikasi Digital Perencanaan, Aktivitas dan ‎Evaluasi Asosiasi Konten Kreator Indonesia dalam Meningkatkan Omset Bisnis ‎UMKM. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 3(2), 151–167. ‎https://doi.org/10.31334/abiwara.v3i2.2229‎

Straubhaar, J., & La Rose, R. (2002). Media Now, Communication Media in the ‎Information. Belmont: Wadsworth.‎

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.‎

Toffler, A. (1980). The Third Wave. New York: Bantam Book.‎

We are social. (2024). Digital 2024 Indonesia Report.‎




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i2.6016

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF – 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fathiyatulhaq Shafna Salsabila, Neng Vivie Nurfauziah Rukmini, Asep Nuryaman‎, Muhammad Salman Abidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index