MANAJEMEN KOMUNIKASI DIGITAL PADA KANAL YOUTUBE PUSAT DAKWAH ISLAM JAWA BARAT
Abstract
Pusat Dakwah Islam (PUSDAI) merupakan Masjid milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang aktif menggunakan Youtube sebagai sarana dakwah di era serba digital. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lebih dalam mengenai praktik manajemen komunikasi digital yang dilaksanakan oleh tim IT PUSDAI Jabar sebagai sarana dakwah pada kanal Youtube PUSDAI Jabar Channel. Metode yang digunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian menyimpulkan bahwa PUSDAI Jabar memiliki empat Wakil Ketua DKM dengan penambahan Bidang IT (pengelolaan media digital masjid) sejak tahun 2015, hal ini yang membedakan dengan kepengurusan DKM lainnya. Adapun praktik manajemen komunikasi digital yang dilaksanakan oleh tim IT PUSDAI pada kanal youtube PUSDAI Jabar Channel, dilaksanakan melalui tiga tahapan pengelolaan yaitu tahap perencanaan, aktivitas dan evaluasi. Sehingga, menunjukan keberhasilan dan eksistensi Masjid PUSDAI Jabar yang konsisten mempublikasikan konten video dakwah dengan menghadirkan Mubaligh dari beragam daerah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, S. M. (2009). Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah.
Annur, C. M. (2023). Terus Bertambah, Jumlah Pengguna Youtube di Dunia Capai 2,68 Miliar Orang per Kuartal I-2023. Databoks Katadata.
Bungin, B. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.
Cholis, N., Wardiana, D. (2018). Manajemen Strategi Redaksi Dan Bisnis Koran Olahraga Topskor Dalam Menghadapi Persaingan Dengan Media Online Di Era Konvergensi Media. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(2), 124–146. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jkj.v1i2.21336
Effendy, O. U. (2009). Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Enjang, A., & Aliyudin. (2009). Dasar-dasar Ilmu Dakwah. Bandung: Widya Pajajaran.
Ferguson, S. D. (1999). Communication Planning: An Integrated Approach. Thousand Oaks, CA: SAGE Publication Inc. https://doi.org/https://doi.org/10.4135/9781452233352
Gregory, A. (2010). Planning and Managing Public Relations Campaigns: A Strategic Approach. London: Kogan Page.
Heath, R. L. (2005). Encyclopedia of Public Relations. Los Angeles: SAGE Publications, Inc. https://doi.org/https://doi.org/10.4135/9781412952545
Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mustikasari, R., Zakiah, K., & Rantona, S. (2022). Strategi Manajemen Komunikasi Media Online Cerdik Indonesia Dalam Mengatasi Persaingan Antarmedia Online. Jurnal Common, 5(2), 192–200. https://doi.org/10.34010/common.v5i2.6359
Nasrullah, R. (2022). Manajemen Komunikasi Digital Perencanaan, Aktivitas, dan Evaluasi. Jakarta: Prenada Media Group.
Putra, I. M. (2020). Panduan Mudah Menyusun SOP. Penerbit QUADRANT.
Rahmat, J. (2000). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Saktisyahputra, S. (2022). Manajemen Komunikasi Digital Perencanaan, Aktivitas dan Evaluasi Asosiasi Konten Kreator Indonesia dalam Meningkatkan Omset Bisnis UMKM. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 3(2), 151–167. https://doi.org/10.31334/abiwara.v3i2.2229
Straubhaar, J., & La Rose, R. (2002). Media Now, Communication Media in the Information. Belmont: Wadsworth.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Toffler, A. (1980). The Third Wave. New York: Bantam Book.
We are social. (2024). Digital 2024 Indonesia Report.
DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i2.6016
Article Metrics
Abstract view : 1 timesPDF – 5 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Fathiyatulhaq Shafna Salsabila, Neng Vivie Nurfauziah Rukmini, Asep Nuryaman, Muhammad Salman Abidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:
JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index