MENGOPTIMALKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK PROMOSI PLATFORM PEMBELAJARAN DIGITAL: PENERAPAN TEORI AIDA PADA EDUCOURSE.ID

An Nisa Ristianti, Oky Oxcygentry, Ema Ema

Abstract


Content Marketing (Konten Pemasaran) dan strategi pemasaran dibuat untuk mengatur, membagikan, dan menciptakan konten yang menjangkau target yang tepat dan kemudian menjadikan mereka untuk menjadi pelanggan. Hal ini dilakukan oleh perusahaan platform pembelajaran digital Educourse.id dalam menggunakan instagram sebagai strategi promosinya.Melalui Instagram tersebut cara pebisnis online memasarkan atau mengenalkan produk mereka kepada konsumen dengan tampilan foto ataupun video yang diunggah ke akun instagram milik mereka. Penelitian ini mendeskripsikan pemanfaatan instagram sebagai media promosi di Educourse.id menggunakan model AIDA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Selain itu, penelitian ini juga memperuntukkan wawancara mendalam dengan narasumber, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan pada hasil penelitian, pemasaran yang dilakukan Educourse dalam menarik perhatian konsumen melalui instagram dengan menggunakan fitur reels dan story yang menampilkan konten bersifat menghibur. Untuk mempertahakan ketertarikan konsumen melalui instagram Educourse membagikan konten yang berisi testimoni dan dokumentasi. Dalam mengubah minat menjadi keinginan melalui instagram Educourse menawarkan program gratis menggunakan fitur direct message, story dan feeds. Untuk mengarahkan konsumen ke tindakan pembelian Educourse menerapkan strategi call to action dan memberikan potongan harga melalui instagram.

Keywords


Promosi, Instagram, Media Sosial, AIDA.

Full Text:

PDF

References


Ekklesia Gabriella, A., & Farid, F. (2023). Komunikasi Pemasaran Media Sosial Instagram @Carameleatery. Kiwari, 2(3), 387–394.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Vol. 21. N.

Hadiyati, E. (2016). Study Of Marketing Mix And Aida Model To Purchasing On Line Product In Indonesia Ernani Hadiyati Economic And Business Faculty, Gajayana University, Malang, Indonesia. 4(7), 49–62.

Hassan, S., Zaleha, S., Nadzim, A., & Shiratuddin, N. (2015). Strategic Use Of Social Media For Small Business Based On The Aida Model. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 172, 262–269.

Kushwaha, B. P. (2020). Integrating Social Media And Digital Media As New Elements Of Integrated Marketing Communication For Creating Brand Equity. Journal Of Content, Community And Communication, 10(6), 65–83.

Rofiq, A. (2013). Pengaruh Penerapan Aida ( Attention , Interest , Desire , Action ) Terhadap Keputusan Pembelian.

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60.

Ema, E. (2019). Komunikasi Pembangunan Melalui Media Sosial Untuk Membangun Kemandirian Lokal. Jurnal Politikom Indonesiana, 4(1), 82–91.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Cv Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i2.5655

Article Metrics

Abstract view : 6 times
PDF – 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 An Nisa Ristianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index