Pola Komunikasi Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Siswa di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan

Muhammad Fahrozi Wijaya, Kariaman Sinaga

Abstract


ABSTRAK

 

Pola Komunikasi Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Siswa di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning yang dikembangkan oleh USAID PRIORITAS. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui pola komunikasi yang digunakan oleh guru dalam mengembangkan keterampilan siswa di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan, serta untuk mengetahui keterampilan apa saja yang berkembang pada siswa di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan.

Penelitianini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan memfokuskan pada analisis studi kasus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme. Dalam penelitian ini, peneliti mewawancarai 8 orang informan yang terdiri dari 4 orang guru dan 4 orang siswa yang sesuai dengan kategori yang telah ditentukan oleh peneliti. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru sebagai tenaga pendidik yang mengajar di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan, serta siswa yang belajar di sekolah tersebut tepatnya di kelas IX Plus 1.

Subjek penelitian tersebut terdiri dari informan guru yang adalah Ibu Dra. Hj. Pitta Hara, ibu Tuti S.Pd, ibu Syarifa Hasibuan S.Pd, ibu Nurhayani Tanjung, serta informan siswa yang adalah Verysya Salsabila Adeliesta, Shafa Rizki Azzahra, Harun Al Fauzan dan Muhammad Febriansyah Al Arif. Adapun yang menjadi objek penelitian adalah pola komunikasi yang diterapkan guru dalam mengembangkan keterampilan siswa di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan. Dari hasil penelitian, keempat informan guru menggunakan metode pembelajaran Contextual Teachingand Learning. Penerapan metode tersebut dapat terlihat dari proses pembelajaran di kelas.

Penerapan metode tersebut dapat dilihat dari penerapan duduk berkelompok di kelas, adanya sistem diskusi dan presentasi, adanya media pembantu dalam proses mengajar dan siswa aktif di dalam proses pembelajaran. Penerapan tersebut mampu menciptakan pola komunikasi yang diterapkan di kelas. Pola komunikasi yang digunakan adalah pola komunikasi banyak arah atau komunikasi sebagai transaksi. Pola komunikasi tersebut mampu meningkatkan keterampilan siswa.

 

Kata kunci:

Guru, Siswa, Pola Komunikasi, Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v2i2.564

Article Metrics

Abstract view : 196 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 226 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Fahrozi Wijaya, Kariaman Sinaga



Jurnal Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Network Media Berkolaborasi dengan:

 

NETWORK MEDIA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index