OPTIMALISASI STRATEGI KOMUNIKASI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @tanggap.karawang OLEH DISKOMINFO KABUPATEN KARAWANG DALAM MERESPON PENGADUAN JALAN RUSAK

Siti Nurhalizah, Zainal Abidin, Tri Susanto

Abstract


Tanggap Karawang merupakanpsalah satu program yangpdibuat olehpPemerintah Kabupaten Karawang untuk wadah bagipmasyarakat Kabupaten Karawang dalam menyampaikan keluhan, aduan, keresahan maupun kritik dan saran untuk pembangunan daerah, baik social maupun Pembangunan insfrastruktur yang ada di Kabupaten Karawang salah satunya jalan rusak. Masyarakat banyak mengeluh banyaknya jalan rusak dengan memanfaatkan media sosial yaitu Instagram, @tanggap.karawang mampu menjawab segala keinginan dan keluh kesah masyarakat akan banyaknya jalan rusak.

Penelitianoiniomembahas analisis strategipkomunikasi Diskominfo Kabupaten Karawangodalam merespon pengaduanojalan rusak melalui akun Instagram @tanggap.karawang. Tujuan darippenelitian ini adalahkuntuk mengetahui efektivitas berbagai strategipkomunikasi yang dilakukan dalam merespon pengaduan jalan rusak kepada masyarakat.

Data penelitian dikumpulkan melalui analisis dokumen terkait pengaduan jalan rusak, wawancara mendalam dengan pihak terkait, dan juga melalui observasi yang melibatkan responden. Pendekatanpyang digunakan dalam analisispdata adalah pendekatanokualitatif.  Hasil penelitianpmenunjukan bahwa strategipkomunikasi yang digunakanpoleh Diskominfo yaitu berupa strategi komunikasi melalui media social dan laman web. Dalam melaksanakan strategi komunikasi, Diskominfo melakukannya dalam beberapa tahap yaitu mulai dari tujuan (goals), perencanaan (plans), tindakan (actions).


Keywords


Strategi Komunikasi, Jalan Rusak, Tanggap Karawang.

Full Text:

PDF

References


Abidin, I. Z. (2015). An Analysis On The Effect Of Audit Ternure, Corporate Governance Structure, And Size Of Audit Firm To The Financial Integrity Statements.

Ambarwati. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. CV Al Qalam Media Lestari.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=59V8DwAAQBAJ

Anggrayni, I. (2022). Manajemen Pemerintahan Dalam Inovasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat di Kabupaten Karawang (Studi Pada Apilikasi Tanggap Karawang Atau Tangkar). Jurnal Pemerintahan Dan Keamanan Publik (JP Dan KP). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:257317399

Aprian, D. D., Panggabean, T. F., Rachman, H. A., & Putra, Y. S. (2024). Sosialisasi Platform Kolaborasi Online Dalam Lingkungan Kerja Sebagai Upaya Meningkatkan Transformasi Teknologi. V(1), 133–137.

Arifin, A. (1984). Science Communication: A Concise Introduction.

Atthahara, H. (2018). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government : Studi Kasus Aplikasi Ogan Lopian Dinas Komunikasi dan Informatika di Kabupaten Purwakarta. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:159346994

Cangara, H. (2013). Pengantar ilmu komunikasi. PT RajaGrafindo Persada. https://books.google.co.id/books?id=dKqAtQEACAAJ

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=4uB76IC_pOQC

Effendi, H. H. (2018). Pengembangan Model Blended Learning Interaktif Dengan Prosedur

Borg And Gall Hansi. International Seminar on Education, 62–70.

Haryono, C. G. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=7RwREAAAQBAJ

Jamaluddin, J. (2020). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik. Sosio E- Kons, 11, 259. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v11i3.3629

Karawangkab. (2016). Dinas Komunikasi Informasi : Kabupaten Karawang. Karawangkab. (2024). Apilikasi Layanan Kependudukan dan Catatan Sipil Secara Elektronik di Kabupaten Karawang.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Marketing Management, Global Edition. Pearson Education. https://books.google.co.id/books?id=eb6GEAAAQBAJ

Kurniasari, D., Kurniasari, D., & Marta, M. S. (2017). Pengaruh Anggaran

Berbasis Kinerja Terhadap Efektivitas Pengendalian Anggaran di Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 51–66.

http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go. id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi

.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.20 19.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1

Kusmayadi, A. M., Utamidewei, W., & Kusumaningrum, R. (2022). Strategi Komunikasi Pemerintah Daerah Karawang Dalam Melayani Pengaduan Masyarakat Melalui Website Lapor. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(4), 1184–1194.

Larasati, W., & Kertamukti, R. (2016). Penanganan Pengaduan Masyarakat Sebagai Pendukung Iklim Organisasi. Jurnal Komunikasi, 10(April 2016), 97–113.

Littlejohn, S. W. (2009). Simulation_and_media_2009.pdf.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (1994). Qualitative Data Analysis. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=3CNrUbTu6CsC

Morissan. (2013). Teori Komunikasi : Individu Hingga Massa (Cetakan Ke). Prenada Media. Mulyadi, S. (2017). Ekonomi Sumber Daya Manusia : Dalam Perspektif Pembangunan.

Muttaqin, T., Djakfar, Y., & Rosihan. (2021). Strategi Komunikasi Perangkat Desa Dalam Mensosilisasikan Vaksin Covid -19 Di Desa Batumarta II Kecamatan Lubuk Raja (p. Jurnal Massa).

Pearce, J., & Robinson, R. (2010). Strategic Management. McGraw-Hill Education. https://books.google.co.id/books?id=mTWOPwAACAAJ

Puspitosari, H., Khalikussabir, Kurniawan, L. J., & Lutfi, M. (2012). Filosofi Pelayanan Publik : Buramnya Wajah Pelayanan Menuju Perubahan Paradigma Pelayanan Publik. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:141538865

Rohmatun, S., Widihastuti, I., Khosyi’in, M., Larasati, W., Kertamukti, R., Kusmayadi, A. M., Utamidewei, W., Kusumaningrum, R., Rohmatun, K. I., Dewi, C. K., Puspitosari, H., Khalikussabir, Kurniawan, L. J., Lutfi, M., & Azwar, H. (2017). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik. Sosio E-Kons, 11(2), 259. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v11i3.3629

Sayidah, N. (2018). Metodologi Penelitian Disertai Dengan Contoh Penerapannya Dalam Penelitian. Zifatama Jawara. https://books.google.co.id/books?id=gcO9DwAAQBAJ

Sembiring, M. (2012). Budaya dan Kinerja Organisasi : Perspektif Organisasi Pemerintah View Node Catalog Data. Fokus Media.

Shabrina, G., Kusumaningrum, R., & Santoso, M. P. T. (2024). Strategi Komunikasi Humas Dinas Komunikasi Dan Informatika DalamMensosialisasikan Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Pemerintah Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(1), 384–389.

Siagian, S. P. (1995). Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Sumber Daya Manusia. In Edisi Revisi Jakarta: Bumi Aksara (Issue 1). Bumi Aksara. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=e2ppEAAAQBAJ&oi=fnd& pg=PA1&dq=manajemen+pengetahuan&ots=gV368HYlR3&sig=ugm1Twm q- r6Ya9ITLRHYA6ieJi0

Stake, R. E. (1995). The Art of Case Study Research. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=ApGdBx76b9kC

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Alfabeta. Winardi, J. (2015). Entrepreneur dan Entrepreneurship.

https://api.semanticscholar.org/CorpusID:16761062




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i2.5549

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF – 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Siti Nurhalizah, Siti Nurhalizah, Zainal Abidin, Tri Susanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index