OPTIMALISASI STRATEGI KOMUNIKASI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @tanggap.karawang OLEH DISKOMINFO KABUPATEN KARAWANG DALAM MERESPON PENGADUAN JALAN RUSAK
Abstract
Tanggap Karawang merupakanpsalah satu program yangpdibuat olehpPemerintah Kabupaten Karawang untuk wadah bagipmasyarakat Kabupaten Karawang dalam menyampaikan keluhan, aduan, keresahan maupun kritik dan saran untuk pembangunan daerah, baik social maupun Pembangunan insfrastruktur yang ada di Kabupaten Karawang salah satunya jalan rusak. Masyarakat banyak mengeluh banyaknya jalan rusak dengan memanfaatkan media sosial yaitu Instagram, @tanggap.karawang mampu menjawab segala keinginan dan keluh kesah masyarakat akan banyaknya jalan rusak.
Penelitianoiniomembahas analisis strategipkomunikasi Diskominfo Kabupaten Karawangodalam merespon pengaduanojalan rusak melalui akun Instagram @tanggap.karawang. Tujuan darippenelitian ini adalahkuntuk mengetahui efektivitas berbagai strategipkomunikasi yang dilakukan dalam merespon pengaduan jalan rusak kepada masyarakat.
Data penelitian dikumpulkan melalui analisis dokumen terkait pengaduan jalan rusak, wawancara mendalam dengan pihak terkait, dan juga melalui observasi yang melibatkan responden. Pendekatanpyang digunakan dalam analisispdata adalah pendekatanokualitatif. Hasil penelitianpmenunjukan bahwa strategipkomunikasi yang digunakanpoleh Diskominfo yaitu berupa strategi komunikasi melalui media social dan laman web. Dalam melaksanakan strategi komunikasi, Diskominfo melakukannya dalam beberapa tahap yaitu mulai dari tujuan (goals), perencanaan (plans), tindakan (actions).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, I. Z. (2015). An Analysis On The Effect Of Audit Ternure, Corporate Governance Structure, And Size Of Audit Firm To The Financial Integrity Statements.
Ambarwati. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. CV Al Qalam Media Lestari.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=59V8DwAAQBAJ
Anggrayni, I. (2022). Manajemen Pemerintahan Dalam Inovasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat di Kabupaten Karawang (Studi Pada Apilikasi Tanggap Karawang Atau Tangkar). Jurnal Pemerintahan Dan Keamanan Publik (JP Dan KP). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:257317399
Aprian, D. D., Panggabean, T. F., Rachman, H. A., & Putra, Y. S. (2024). Sosialisasi Platform Kolaborasi Online Dalam Lingkungan Kerja Sebagai Upaya Meningkatkan Transformasi Teknologi. V(1), 133–137.
Arifin, A. (1984). Science Communication: A Concise Introduction.
Atthahara, H. (2018). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government : Studi Kasus Aplikasi Ogan Lopian Dinas Komunikasi dan Informatika di Kabupaten Purwakarta. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:159346994
Cangara, H. (2013). Pengantar ilmu komunikasi. PT RajaGrafindo Persada. https://books.google.co.id/books?id=dKqAtQEACAAJ
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=4uB76IC_pOQC
Effendi, H. H. (2018). Pengembangan Model Blended Learning Interaktif Dengan Prosedur
Borg And Gall Hansi. International Seminar on Education, 62–70.
Haryono, C. G. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=7RwREAAAQBAJ
Jamaluddin, J. (2020). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik. Sosio E- Kons, 11, 259. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v11i3.3629
Karawangkab. (2016). Dinas Komunikasi Informasi : Kabupaten Karawang. Karawangkab. (2024). Apilikasi Layanan Kependudukan dan Catatan Sipil Secara Elektronik di Kabupaten Karawang.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Marketing Management, Global Edition. Pearson Education. https://books.google.co.id/books?id=eb6GEAAAQBAJ
Kurniasari, D., Kurniasari, D., & Marta, M. S. (2017). Pengaruh Anggaran
Berbasis Kinerja Terhadap Efektivitas Pengendalian Anggaran di Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 51–66.
http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go. id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi
.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.20 19.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1
Kusmayadi, A. M., Utamidewei, W., & Kusumaningrum, R. (2022). Strategi Komunikasi Pemerintah Daerah Karawang Dalam Melayani Pengaduan Masyarakat Melalui Website Lapor. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(4), 1184–1194.
Larasati, W., & Kertamukti, R. (2016). Penanganan Pengaduan Masyarakat Sebagai Pendukung Iklim Organisasi. Jurnal Komunikasi, 10(April 2016), 97–113.
Littlejohn, S. W. (2009). Simulation_and_media_2009.pdf.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (1994). Qualitative Data Analysis. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=3CNrUbTu6CsC
Morissan. (2013). Teori Komunikasi : Individu Hingga Massa (Cetakan Ke). Prenada Media. Mulyadi, S. (2017). Ekonomi Sumber Daya Manusia : Dalam Perspektif Pembangunan.
Muttaqin, T., Djakfar, Y., & Rosihan. (2021). Strategi Komunikasi Perangkat Desa Dalam Mensosilisasikan Vaksin Covid -19 Di Desa Batumarta II Kecamatan Lubuk Raja (p. Jurnal Massa).
Pearce, J., & Robinson, R. (2010). Strategic Management. McGraw-Hill Education. https://books.google.co.id/books?id=mTWOPwAACAAJ
Puspitosari, H., Khalikussabir, Kurniawan, L. J., & Lutfi, M. (2012). Filosofi Pelayanan Publik : Buramnya Wajah Pelayanan Menuju Perubahan Paradigma Pelayanan Publik. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:141538865
Rohmatun, S., Widihastuti, I., Khosyi’in, M., Larasati, W., Kertamukti, R., Kusmayadi, A. M., Utamidewei, W., Kusumaningrum, R., Rohmatun, K. I., Dewi, C. K., Puspitosari, H., Khalikussabir, Kurniawan, L. J., Lutfi, M., & Azwar, H. (2017). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik. Sosio E-Kons, 11(2), 259. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v11i3.3629
Sayidah, N. (2018). Metodologi Penelitian Disertai Dengan Contoh Penerapannya Dalam Penelitian. Zifatama Jawara. https://books.google.co.id/books?id=gcO9DwAAQBAJ
Sembiring, M. (2012). Budaya dan Kinerja Organisasi : Perspektif Organisasi Pemerintah View Node Catalog Data. Fokus Media.
Shabrina, G., Kusumaningrum, R., & Santoso, M. P. T. (2024). Strategi Komunikasi Humas Dinas Komunikasi Dan Informatika DalamMensosialisasikan Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Pemerintah Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(1), 384–389.
Siagian, S. P. (1995). Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Sumber Daya Manusia. In Edisi Revisi Jakarta: Bumi Aksara (Issue 1). Bumi Aksara. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=e2ppEAAAQBAJ&oi=fnd& pg=PA1&dq=manajemen+pengetahuan&ots=gV368HYlR3&sig=ugm1Twm q- r6Ya9ITLRHYA6ieJi0
Stake, R. E. (1995). The Art of Case Study Research. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=ApGdBx76b9kC
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Alfabeta. Winardi, J. (2015). Entrepreneur dan Entrepreneurship.
https://api.semanticscholar.org/CorpusID:16761062
DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i2.5549
Article Metrics
Abstract view : 3 timesPDF – 4 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Siti Nurhalizah, Siti Nurhalizah, Zainal Abidin, Tri Susanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:
JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index