PEMAKNAAN OOTD (OUTFIT OF THE DAY) PADA MAHASISWI UNSIKA

Hilvi Monica Putri, Muhammad Ramdhani, Oxy Oxygentri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memahami konstruksi makna yang dibangun oleh individu sebagai pecinta dunia fashion. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, penelitian ini berfokus pada pengalaman subyektif individu fashionista dalam memaknai kegiatan fenomenal dalam dunia fashion. Penelitian dilakukan dengan metode observasi, wawancara mendalam dan studi pustaka. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui apa motif, makna dan pengalaman bagi para mahasiswi Universitas Singaperbangsa Karawang yang memposting foto OOTD di akun media Instagramnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna yang dikonstruksi oleh individu fashionista beragam, dipengaruhi beberapa faktor seperti , hobi, pekerjaan, identitas diri, personal branding dan bahkan hanya sekedar iseng saja. Sebagian besar individu memaknai peran mereka sebagai bentuk citra diri, dalam postingan Instagram mereka menyadari bahwa postingan tersebut mempengaruhi citra mereka. Kata kunci: OOTD, Fenomenologi, Kontruksi Makna

Keywords


OOTD, Fenomenologi, Kontruksi Makna.

Full Text:

PDF

References


Alfiani, Putri. dkk. (2024). Personal branding Selebgram Traveller Melalui Media Sosial

Pada Akun Instagram @Dewi Faj. Jurnal Komunikasi, 10(1), 29 - 35.

Amalia, D., Safira Dini, G., Aliefia Azzahra, N., & Rizqillah Marsha, N. (2024). Analisis

Personal Branding Akun @Sashfir Di Media Sosial Instagram 1. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(1). https://doi.org/10.31604/jips.v11i1.2024

Andata, C. P., Iflah, & Kurnia. (2022). Pengaruh Media Sosial Dalam Meningkatkan Brand

Awareness “Somethinc” Pada Pengguna Instagram. Jurnal Komunikasi, 13(2). https://doi.org/10.31294/jkom

Ardiansyah, Firman, Zamzamy, Ahmad. (2023). Strategi Pembentukan branding oleh

Personal Komika dalam Komunitas Stand Up Indo Surabaya. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. 10(8), 3926-3935.

Firmansyah, I. (2023). Analisis Personal Branding studi Kasus Pada Akun Instagram

@Aaliyah.Massaid. Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 3(2).

Hermawan, Daniel. (2018). Content Creator dalam Kacamata Industri Kreatif : Peran

Personal branding dalam Media Sosial.

Fitriah, M. (2016). Fenomena Penggunaan Foto Outfit of the day Di Instgram Sebagai

Media Presentasi Diri. Jurnal Komunikasi, 2(1).

Kartini, dkk. (2022). Penelitian Tentang Instagram. Jurnal Perpustakaan dan Informasi. Kurnia, Resti. (2019). Personal branding Selebgram Dalam Media Sosial Instagram Mandira, I Made Chandra, Carey, Kadek Diah Yulia. (2023). Personal branding di

Media Sosial Tiktok (Studi Fenomenologi Presiden Oriflame. Journal Management, Business, and Accounting, 22(1), 65 - 74.

Novianti, Syifa, dkk. (2022). Perilaku Pendakian Gunung di Masa Kenormalan Baru

(Analisis Perspektif Pendaki Gunung di Jawa Barat. Journal of Event, Travel and Tour Management, 2(1), 9-18.

Puspita, Aisyahani Tiara. (2019). Strategi Personal branding Denny Santoso.

Creeber, G. & Martin, R (ed.). (2009), Digital Cultures: Understanding New Media,

Berkshire-England: Open University Press.




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i2.5548

Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF – 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Hilvi Monica Putri, Hilvi Monica Putri, Muhammad Ramdhani, Oxy Oxygentri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index