Terpaan Konten Instagram Terhadap Minat Menonton Konser Musik Pesta Pora Tahun 2023 Pada Pengikut Akun Instagram @pestapora
Abstract
Instagram adalah salah satu media sosial yang memiliki banyak pengikut aktif dan sebagai salah satu media sosial yang populer di seluruh dunia. Akun Instagram @pestapora menjadi salah satu sumber informasi mengenai konser musik Pesta Pora yang bisa pengguna akses hanya dengan menggunakan Instagram. Akun tersebut pada tahun 2023 memiliki 151 unggahan konten. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh terpaan konten Instagram @pestapora terhadap minat menonton konser music pesta pora tahun 2023. Penelitian ini menggunakan teori uses and effect dan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan penarikan sample menggunakan Probability Sampling dan menggunakan metode Simple Random Sampling. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji normalitas, uji analisi regresi sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis menyatakan variable X terpaan konten Instagram @pestapora berpengaruh signifikan terhadap variable Y minat menonton konser music pesta pora tahun 2023.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Delviana, K. (2021). Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram @netflixid Terhadap Minat Untuk Menonton Film di Netflix. Universitas Lampung.
Febrianto, M., Abidin, Z., & Kusumaningrum, R. (2023). Analisis Minat Beli E-commerce Bhinneka.com Studi Kasus Program Kampus Marketplace di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6), 312.
Pesta Pora. (2022). Pesta Pora Musik Festival. Diakses pada 17 Februari 2024. https://pestapora.com Ramadhan, I. (2023). Pengaruh Konten Instagram Chatime Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal
Bincang Komunikasi.1 (1).
Rifiani, Putri. (2022). Pengaruh Endorse Influencer Fadil Jaidi Terhadap Minat Beli Konsumen.
Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8 (12).
Sugeng, B. (2020). Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif (Eksplanatif). Deepublish. Surya, A. (2023). Pengaruh Sales Promotion Pada Unggahan Akun Instagram @cyexpo Terhadap
Keputusan Pembelian Tiket Communication Youth Expo 2022. Journal Of Social Science Research, 3 (3).
DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i2.5431
Article Metrics
Abstract view : 3 timesPDF – 6 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Mariam Geivira Nova Yulianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:
JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index