Pengaruh Komunikasi Persuasif Live Shopping Tiktok Shop Erigostore Terhadap Keputusan Pembelian Fashion
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh Komunikasi Persuasif Live Shopping Tiktok Shop @Erigostore terhadap Keputusan Pembelian followers. Teori yang digunakan adalah AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan yang dilakukan oleh aplikasi Tiktok terus melesat lebih tinggi, Tiktok terus berkembang dan menambah fitur baru untuk selalu bisa memuaskan kebutuhan para pengguna dan selalu mempertahankan popularitasnya sebagai salah satu platform media sosial terpopuler di dunia. Fitur yang dibuatnya diantaranya Live Streaming, Tiktok Shop, dan yang lain-lainnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh sebesar 38,1% dari komunikasi peruasif terhadap keputusan pembelian followers akun Tiktok @Erigostore berdasarkan temuan uji koefisien determinasi. Oleh sebab itu, hasil penelitian ini sesuai dengan teori AIDA yang memiliki asumsi bawasannya strategi periklanan yang efektif harus mampu menarik perhatian konsumen, menggugah rasa ingin tahunya, serta memotivasi mereka untuk mengambil tindakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cholil, A. M. (2020). Brands Awarness Ideas. Quadrant.
Christine, C. C. (2021). Pengaruh Pesan Persuasif Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian. Prologia, 108-114.
Hasya. (2022). Apa Alasan utama masyarakat indonesia menggunakan media sosial . goodstats. Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta:
Deepublish.
Mardiana, A. (2023, oktober 4). katadata. Retrieved from apa itu tiktok shop: https://katadata.co.id/ekonopedia/profil/651d7407150c9/apa-itu-tiktok-shop-ini-definisi-dan- alasannya-ditutup-di-indonesia
Mirawati. (2021). Pemanfaatan Teori Komunikasi Persuasif Pada penelitian e-commerce di era digital.
medium, 58-80.
Muhammad, A., Dharta, F. Y., & Kusumaningrum , R. (2024). Pengaruh Komunikasi Persuasif Host Live Shopping Tiktok Shop Aerostreet Terhadap Keputusan Pembelian Followers . Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2.
Raharja, F. &. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai media penyajian kreasi seni dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan kajian seni .
Sawlani. (2021). Keputusan Pembelian Online (Kualitas Website, Keamanan, dan Kepercayaan). Scopindo Media Pustaka.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Eksistenti Media Online Mediakita.Info Melalui Pendampingan Berkelanjutan. seminar nasional hasil penelitian dan abdimas tahun 2021, 149-153.
Yessica Ayalia, Dharta, F. Y., & Kusumaningrum, R. (2024). Pengaruh Promosi Voucher Diskon Live Shopping Shopee Skintific Official Store Terhadap Perilaku Impulse Buying Followers. Jurnal Network Media, 94-95.
DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i2.5206
Article Metrics
Abstract view : 2 timesPDF – 5 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muhfid Dwiyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:
JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index