STRATEGI KOMUNIKASI PT.KERETA API INDONESIA PADA PENUMPANG YANG MELEBIHI RELASI STASIUN

Fathur Rahman Muhammad, Luluatu Nayiroh, Tri Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisipsikan tahapan strategi komunikasi yang dilakukan oleh PT.Kereta Api Indonesia dalam menangani pelanggaran ketertiban penumpang yang melebihi relasi stasiun tujuan yang tercetak di tiketnya. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas 3 informan sumber data menggunakan teknik purposive sampling, di antaranya 2 pegawai PT.KAI Daerah Operasi/Daop 1 Jakarta yang mewakili unit Hubungan Masyarakat (Humas) dan unit Angkutan Penumpang (AngPen) lalu 1 subjek informan pengguna kereta api. Objek yang diteliti adalah penumpang yang melanggar ketertiban melebihi relasi dan tahapan strategi komunikasi PT.KAI dengan konsep teori 4 langkah Public Relations Cutlip, Center & Broom untuk menanganinya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan implementasi kebijakan PT.KAI bersama unit Humas, AngPen dan Pusdalyan melalui tahapan strategi komunikasi dengan konsep teori 4 langkah Public Relations Cutlip, Center & Broom, berjalan efektif berhasil mengalami penurunan kasus. WADC269 adalah bentuk kebijakan yang berisi larangan melebihi relasi, sanksi denda hingga sanksi blacklist. Rekomendasi peneliti untuk mengkaji topik permasalahan serupa dengan objek perusahaan yang berbeda atau menggunakan metode penelitian lain agar memperoleh data yang lebih variatif.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Humas, Pelanggaran, Ketertiban, Melebihi relasi, PT.Kereta Api Indonesia, Daerah Operasi 1 Jakarta


Keywords


Strategi Komunikasi, Humas, Pelanggaran, Ketertiban, Melebihi relasi, PT.Kereta Api Indonesia, Daerah Operasi 1 Jakarta.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. Z. (2015). Manajemen Komunikasi. Pustaka Setia.

Cutlip, Center & Broom, S., Allen H. &. Glen M. (2006). EFFECTIVE PUBLIC RELATIONS (edisi kesembilan). Kencana Prenada Media Grup.

Fahrihan, M. I. D., Hasmawati, F., & Duku, S. (2023). Strategi Humas Kai Divre III Dalam Menghadapi Isu Negatif. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 3(1), 185–194.

Fatimah, N. A., & Rachmawati, D. (2022). ANALISIS PERBEDAAN JUMLAH PENUMPANG DOMESTIK SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020 DAN 2021 DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA.

Indrasastria, M. R., & Harahap, H. (2023). Strategi Komunikasi dalam Operasional Pelayanan pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(1), 66–81. https://doi.org/10.31539/jomb.v5i1.5390

Kereta Api Kita di Instagram: “Terima Kasih 338,14 Juta Penumpang KAI Group (2024, Oktober 10). Instagram. https://www.instagram.com/p/DA7qp-jSZRM/

Kurniawan, B. A., & Zalzabilla, P. A. (2023). Evaluasi Program Pemerintah Tentang Layak Anak di Kota Surabaya. Public Sphere Review, 114–122.

Mediatama, G. (2024, Mei 3). Pengumuman, Tarif Khusus Tiket Kereta Go Show Naik Per 1 Mei 2024. kontan.co.id. https://industri.kontan.co.id/news/pengumuman- tarif-khusus-tiket-kereta-go-show-naik-per-1-mei-2024

Rahmadani, F., & Andrini, S. (2021). Strategi public relations dalam membangun citra perusahaan melalui pameran indonesia international motor show (iims). Jurnal Audience, 4(01), 38–59.

Rahmawati, O. D., Fitria, N., & Mujab, S. (2023). STRATEGI MANAJEMEN ISU DAN KOMUNIKASI KRISIS MCDONALD’S INDONESIA YANG TERKENA IMBAS INFORMASI HOAKS FATWA MUI TERKAIT HARAMNYA

MEMBELI PRODUK ISRAEL. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora.

Rizqi, M., & Rahmadanik, D. (t.t.). KOMUNIKASI KEBIJAKAN PENGHAPUSAN PEKERJAAN RUMAH (PR) DITINGKAT SEKOLAH DASAR. Diambil 30

Oktober 2024, dari https://pdfs.semanticscholar.org/e8cc/1848713e4d558732a604ab165e7495cf318 d.pdf

Serang, M. R., & Hiariey, H. (2022). Analisis Keterkaitan Transportasi Darat Dengan Pertumbuhan Ekonomi Di Kota Ambon Periode 2012-2021. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(5), Article 5.

https://doi.org/10.37385/msej.v3i5.1212

Shalahudin, N. L., & Hariyanto, D. (2023). Strategi Humas PT KAI dalam Memutus Mata Rantai Kekerasan Seksual di Atas Kereta Api. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 17(3), 1916.

https://doi.org/10.35931/aq.v17i3.2158

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

tvOneNews (Direktur). (2023, Agustus 7). Sanksi Bagi Penumpang KAI Nakal, Tidak Boleh Naik Kereta Lagi! | AKIP tvOne [Video recording]. https://www.youtube.com/watch?v=ObHdopd2IZY




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i2.5189

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF – 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fathur Rahman Muhammad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index