Konten Tiktok Vina Muliana @Vmuliana dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi dalam Mempersiapkan Karir bagi Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masalah karir menjadi topik yang signifikan untuk dibicarakan di kalangan mahasiswa yang berada di semester akhir. Sejumlah besar mahasiswa yang baru lulus belum memenuhi kriteria pekerjaan, dan salah satu hambatan utama yang mereka hadapi adalah kesulitan diterima bekerja. Kehadiran TikTok sebagai media baru mempermudah pencarian informasi seputar karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten TikTok Vina Muliana @vmuliana meliputi intensitas, isi pesan dan daya tarik terhadap pemenuhan kebutuhan onformasi mahasiswa pasca lulus S1. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Effect sebagai acuan dalam menjelaskan permasalahan. Sampel Penelitian ini adalah 78 Mahasiswa akhir Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan survey eksplanatori. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji regresi linear sederhana. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa terdapat pengaruh positif masing-masing sub variabel intensitas, isi pesan, dan daya tarik konten TikTok Vina Muliana terhadap pemenuhan kebutuhan informasi persiapan karir mahasiswa pasca lulus S1.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfirahmi. (2019). Fenomena Kopi Kekinian di Era 4.0 Ditinjau dari Marketing 4.0 dan Teori Uses and Effect. LUGAS Jurnal Komunikasi, 3(1), 24–32. https://doi.org/10.31334/ljk.v3i1.410
Arifah, I. Z., Abidin, Z., & Oxcygentri, O. (2023). Akun Instagram @kampusmerdeka.ri Dan Minat Mahasiswa Mengikuti Merdeka Belajar Kampus Merdeka. 9(20), 327–333.
Aulia, V., Tayo, Y., & Nayiroh, L. (2022). Pengaruh Konten Video Tiktok @Aulion Terhadap Perilaku Kreatif Mahasiswa. Media Bina Ilmiah, 16(11), 7823. https://binapatria.id/index.php/MBI
Herlina, P. (2019). Pengaruh Kedisplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar PAI DI SMP BUDI MULIA Kota Bengkulu. IAIN Bengkulu.
Laifatul Fadilah, A., Nurmala Sari, A., & Aulia Yanuarti, Z. (2023). Peran TikTok dalam Meningkatkan Soft Skill Mahasiswa untuk Persiapan Masuk ke Dunia Kerja. Prosiding Seminar Nasional, 279–289.
Masari, A. H., Abidin, Z., & Nayiroh, L. (2023). Konten Tiktok@ buiramira dan Skripsi: Perilaku Pencarian Informasi Mahasiswa sebagai Media Edukasi Skripsi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 16564–16575. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/9002%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/9002/7346
Putri, E. M., & Febriana, P. (2023). Tiktok New Media Analysis as Personal branding (Qualitative Description Study on Tiktok Account @Vmuliana). Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(4), 2517–2524. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i4.1399
Ramadhani, K. R., & Faridah. (2023). Analysis of the Content of Communication Messages by Tiktok Video Content on Vina Muliana’s Account in Entering the World of Work. Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 16(2), 297–311. https://doi.org/10.21107/pamator.v16i2.19648
Statistika, B. P. (2023). Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,32 persen dan Rata-rata upah buruh sebesar 3,18 juta rupiah per bulan. Bps.Go.Id. https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2023/11/06/2002/tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-32-persen-dan-rata-rata-upah-buruh-sebesar-3-18-juta-rupiah-per-bulan.html
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Penerbit Alfabeta.
Suherni, Dharta, F. Y., & Kusumaningrum, R. (2022). Pengaruh Unggahan Foto Wisata Alam Curug Malela Pada Media Sosial Instagram Terhadap Minat Berkunjung Generasi Z. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 219–226. https://doi.org/10.35326/medialog.v5i1.1284
DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i2.5025
Article Metrics
Abstract view : 2 timesPDF – 7 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Shelina Sasti Zein

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:
JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index