ANALISIS PENGARUH BRAND ASSOCIATIONS REBRANDING JANJI JIWA TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA UNSIKA
Abstract
Produsen memiliki tantangan utama untuk membangun brand yang melekat pada benak konsumennya. Demografi penduduk yang saat ini di dominasi oleh Generasi Z khususnya di Indonesia menjadi pertimbangan dalam proses branding. Perubahan branding yang dilakukan oleh brand Janji Jiwa dilakukan melalui penyampaian pengalaman baru untuk menikmati produk Janji Jiwa dan hal tersebut juga membantu untuk membangun aset brand tersebut atau brand equity. Brand equity merupakan seperangkat nilai yang melekat pada suatu brand dan dapat meningkat maupun berkurang seiring waktu. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki rebranding yang dilakukan oleh Janji Jiwa dengan menggunakan dimensi-dimensi brand equity. Penelitian ini mengadaptasi pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatif. Sumber data diperoleh dari sumber primer dan sekunder melalui penyebaran kuesioner dan studi kepustakaan. Populasi penelitian ini terdiri dari mahasiswa Unsika, dan sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik deskriptif untuk mengidentifikasi korelasi antara variabel dependen (X) dan variabel independen (Y).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
David Aaker. (2014). Aaker On Branding (20 Principles That Drive Succes). In Analytical Biochemistry.
Khoiroh, N. Z., & Purwanti, L. (2022). Peran Rebrandring dan Product Quality Terhadap Brand Image Produk Fair and Lovely Menjadi Glow and Lovely. Jurnal Penelitian Mahasiswa, 1(4), 189–191.
Muhammad, A., Yuni Dharta, F., & Kusumaningrum, R. (2024). PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF HOST LIVE SHOPPING TIKTOK SHOP
AEROSTREET TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FOLLOWERS. Ilmu
Komunikasi, VII.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D (27th ed.).
ALFABETA.
Ysfania, Mayasari, & Fitriana Poerana, A. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Resto Matpeci Gourmet & Chill Cikampek Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Of Management, i6.
DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i2.5020
Article Metrics
Abstract view : 17 timesPDF – 9 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Waway Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:
JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index