ANALISIS PENGARUH BRAND ASSOCIATIONS REBRANDING JANJI JIWA TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA UNSIKA

Waway Saputra, Firdaus Yuni Dharta, Ana Fitriana Poerana

Abstract


Produsen memiliki tantangan utama untuk membangun brand yang melekat pada benak konsumennya. Demografi penduduk yang saat ini di dominasi oleh Generasi Z khususnya di Indonesia menjadi pertimbangan dalam proses branding. Perubahan branding yang dilakukan oleh brand Janji Jiwa dilakukan melalui penyampaian pengalaman baru untuk menikmati produk Janji Jiwa dan hal tersebut juga membantu untuk membangun aset brand tersebut atau brand equity. Brand equity merupakan seperangkat nilai yang melekat pada suatu brand dan dapat meningkat maupun berkurang seiring waktu. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki rebranding yang dilakukan oleh Janji Jiwa dengan menggunakan dimensi-dimensi brand equity. Penelitian ini mengadaptasi pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatif. Sumber data diperoleh dari sumber primer dan sekunder melalui penyebaran kuesioner dan studi kepustakaan. Populasi penelitian ini terdiri dari mahasiswa Unsika, dan sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik deskriptif untuk mengidentifikasi korelasi antara variabel dependen (X) dan variabel independen (Y).


Keywords


Rebranding; Brand Equity; Keputusan Pembelian; Janji Jiwa.

Full Text:

PDF

References


David Aaker. (2014). Aaker On Branding (20 Principles That Drive Succes). In Analytical Biochemistry.

Khoiroh, N. Z., & Purwanti, L. (2022). Peran Rebrandring dan Product Quality Terhadap Brand Image Produk Fair and Lovely Menjadi Glow and Lovely. Jurnal Penelitian Mahasiswa, 1(4), 189–191.

Muhammad, A., Yuni Dharta, F., & Kusumaningrum, R. (2024). PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF HOST LIVE SHOPPING TIKTOK SHOP

AEROSTREET TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FOLLOWERS. Ilmu

Komunikasi, VII.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D (27th ed.).

ALFABETA.

Ysfania, Mayasari, & Fitriana Poerana, A. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Resto Matpeci Gourmet & Chill Cikampek Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Of Management, i6.




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i2.5020

Article Metrics

Abstract view : 17 times
PDF – 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Waway Saputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index