Pengaruh Daya Tarik Konten Skena di Akun Tiktok @sastra.silalahii Terhadap Perilaku Gaya Berpakaian
Abstract
Studi ini dilatarbelakangi oleh konten skena di akun Tiktok @sastra.silalahii yang cukup populer. Studi ini memiliki tujuan yaitu untuk memahami seberapa besar pengaruh daya tarik konten skena di akun Tiktok @sastra.silalahii terhadap perilaku gaya berpakaian. Studi ini menerapkan metode kuantitatif dengan survei eksplanatori. Teori yang diterapkan adalah Stimulus Organism Respons (SOR). Data dikumpulkan dengan cara menyebar kuesioner lalu diukur dengan skala likert kepada sampel sebanyak 100 orang yang merupakan pengikut dari akun Tiktok @sastra.silalahii dan mengetahui konten skena pada akun Tiktok @sastra.silalahii. Penarikan sampel memakai teknik probability sampling dan jenis simple random sampling. Studi ini menggunakan teknik statistik deskriptif dengan teknik analisis data regresi linear sederhana. Studi ini menunjukkan hasil bahwa daya tarik konten skena di akun Tiktok @sastra.silalahii berpengaruh signifikan terhadap perilaku gaya berpakaian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aninda, N., & Sunarya, Y. Y. (2023). Siklus Tren Fashion Di Media Sosial (Studi Kasus Tren Berkain Di Instagram Remaja Nusantara). Jurnal Seni Dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 6(1), 1–20. https://doi.org/10.25105/jsrr.v6i1.16961
Darwin, M., Mamondol, M. R., Sormin, S. A., Nurhayati, Y., Tambunan, H., Sylvia, D., Adnyana, M. D. M., Prasetiyo, B., Vianitati, P., & Gebang, A. A. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. In T. S. Tambunan (Ed.), Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Media Sains Indonesia.
Dharta, F. Y. (2024). Pengantar Statistika Untuk Ilmu Sosial. Deepublish Digital.
Ema. (2024). Pengantar Komunikasi Pendidikan (Salahuddin & S. R. Abubakar, Eds.; 1st ed.). Eureka Media Aksara.
Nisak, M., & Sulistyowati, T. (2022). Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswi Dalam Trend Fashion (Studi Kasus Mahasiswi Jurusan Manajemen Universitas Islam Lamongan). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 4(2). https://scholarhub.ui.ac.id/jsht/vol4/iss2/3
Pua. (2023, December 19). Apa Itu Skena, Kata Paling Banyak Dicari di Google Sepanjang 2023. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20231219143055- 277-1039195/apa-itu-skena-kata-paling-banyak-dicari-di-google-sepanjang- 2023#:~:text=Sebenarnya kata skena tidak ada,komunitas seni yang tidak biasa.
Sendjaja, S. D. (1999). Pengantar Ilmu Komunikasi. Universitas Terbuka.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (3rd ed.). Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i2.5007
Article Metrics
Abstract view : 3 timesPDF – 4 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muhamad Rahmat Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:
JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index