Hubungan Daya Tarik User Generated Content Di TikTok Terhadap Peningkatan Minat Beli Gen Z Pada Produk Cookie Bomb Fudybro

Silvia Irawan, Firdaus Yuni Dharta, Oky Oxygentri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh unggahan User Generated Content (UGC) produk Cookie Bomb Fudgybro di Tiktok yang sempat mencuri peratian pengguna TikTok. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui seberapa besar daya tarik User Generated Content produk Cookie Bomb Fudgybro di Tiktok terhadap peningkatan minat beli. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survey eksplanatory. Penelitiain ini menggunakan Teori Stimulus Organism Respons (SOR). Pengumpulan data dikumpulkan dengan teknik kuesioner yang menggunakan alat ukur skala likert kepada sampel yang sudah ditentukan sebanyak 94 orang yang merupakan mahasiswa aktif Angkatan 2020, 2021, 2022, 2023 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang. Penarikan sampel menggunakan teknik probability sampling dan jenis teknik cluster samping. Pada penelitian ini juga menggunakan teknik statistik deskriptif dengan teknik analisis data regresi linear sederhana. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan daya tarik berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan minat beli.


Keywords


Stimulus Organism Respons (SOR), minat beli, User Generated Content (UGC), Tiktok.

Full Text:

PDF

References


Aprilya, D., Sari, N., & Belianantiya, M. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap

Perilaku Belanja Online Pada. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 10, 181.

Bungin, B. (2006). Sosiologi Komunikasi: TeoriParadigma, Cybercommunity, Media sosial

dan Diskursus Teknologi Media dan Komunikasi (2nd ed.). Jakarta: KENCANA.

Dharta, F. Y., Guilin, X., Karliena, Y., & Butarbutar, M. (2024). Multigenerational

Workforce Management Strategy in the Digital Era. 2(2), 218–228.

Gautama, V. A. (2022). User Generated Content pada Tiktok dan Penggunaannya di

Kalangan Muda. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 6(4), 2598–9944. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i4.3749/http

Kamil, R., & Laksmi. (2023). Generasi Z, Pustakawan, dan Vita Activa Kepustakawanan.

BACA: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 9008(105), 25–34. https://doi.org/10.55981/baca.2023.1119

Luik, J. E. (2020). Media BARU Sebuah Pengantar (1st ed.). Meoerdijati. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. February.

Nasrullah, R. (2017). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi

(Nunik Siti Nurbaya (ed.); 4th ed.). Simbiosa Rekatama Media.

Nursanti, S., Dharta, F. Y., Chaerudin, C., Syam, S. P., & Purnama, R. N. (2022). Generation

z’s perceptions of health information about the Covid-19. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 6(2), 587–602. https://doi.org/10.25139/jsk.v6i2.4903

Putri, R., Dharta, F. Y., & Oky, O. (2019). Pengaruh EndorseInfluencer Fadil Jaidi Terhadap

Minat Beli Konsumen(Survei Eksplanatori pada Pengikut Media Sosial Instagram

@fadiljaidi). Concept and Communication, 23, 301–316. https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009

Putri, R. P. (2021). Tiktok as an Online Learning Media During a Pandemic. Proceedings of

the 6th International Conference on Education & Social Sciences (ICESS 2021), 578(2), 273–294. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210918.052

Rahardaya, A. K., & Irwansyah, I. (2021). Studi Literatur Penggunaan Media Sosial Tiktok

Sebagai Sarana Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 308–319. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.248

Rusnali, A. N. A. (2019). Penggunaan User Generated Content (UGC) Tiktok Dalam Dunia

Kesehatan. Al-Din: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan2, 7(2), 49–56.

Sari, M., Rachman, H., Juli Astuti, N., Win Afgani, M., & Abdullah Siroj, R. (2022).

Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 10–16. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1953

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

ALFABETA.




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i2.5006

Article Metrics

Abstract view : 21 times
PDF – 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Silvia Irawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index