INTERPRETASI MAKNA PENGGUNAAN DUA TOKOH KARTUN DALAM MEMBANGUN ASOSIASI MEREK AEROSTREET

Syamil Ghifari Ansharullah Satria, Indria Angga Dianita

Abstract


Perkembangan bisnis di Indonesia kembali meningkat pada Q3 tahun 2022 setelah diserang oleh pandemi covid 19, perkembangan informasi dan komunikasi memnjadi faktor major dalam membantu perkembangan ekonomi di Indonesia. Salah satu cara bagi pemilik bisnis dalam mengembangkan bisnisnya adalah dengan mambangun asosiasi merek. Selanjutnya asosiasi merek dapat terbentuk setelah interpretasi ataupun pemaknaan dari pesan yang diberikan oleh merek dapat dimaknai secara baik oleh konsumen, termasuk pada sebuah produk kolaborasi yang membutuhkan pemaknaan kolektiv dalam membangun asosiasi merek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Interpretasi Makna Penggunaan Dua Tokoh Kartun terhadap Asosiasi Merek Aerostreet. Data dikumpulkan dari 384 responden menggunakan metode survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Interpretasi Makna mendapatkan nilai 86,1%  dan Asosiasi Merek sebesar 86,53%. Uji koefisien korelasi Pearson Product Moment mengungkapkan adanya korelasi kuat antara Interpretasi Makna dan Asosiasi Merek dengan nilai koefisien sebesar 0,726. Uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa Interpretasi Makna berpengaruh sebesar 52,8% terhadap Asosiasi Merek

Keywords


Interpretasi Makna, Asosiasi Merek, Tokoh Kartun, Branding, Aerostreet.

Full Text:

PDF

References


Camiciottoli, B. C., Ranfagni, S., & Guercini, S. (2014). Exploring brand associations: An innovative methodological approach. European Journal of Marketing, 48(5–6), 1092–1112. https://doi.org/10.1108/EJM-12-2011-0770

Del Río, A. B., Vázquez, R., & Iglesias, V. (2001). The effects of brand associations on consumer response. Journal of Consumer Marketing, 18(5), 410–425. https://doi.org/10.1108/07363760110398808

Hadi, S., & Herawati, F. A. (2013). PENGARUH TINGKAT ASOSIASI MEREK TERHADAP TINGKAT KESEDIAAN MELAKUKAN E-WORD OF MOUTH (Studi Eksplanatif Pengaruh Tingkat Asosiasi Merek Produk Fashion Bonvieux Terhadap Tingkat Kesediaan Melakukan e-Word Of Mouth). www.luce-dale.com.

Hidayati, N. (2020). THE CORRELATION BETWEEN SEMANTIC AND PHONOLOGY. In LINGUAMEDIA Journal (Vol. 1).

Ilham Nur Rois, D., Yudha, A., & Rika Riftian, Y. (2020). ANALISIS PENGARUH BRAND ASSOCIATION, BRAND AWARENESS, PRICE, DAN ROLE MODEL TERHADAP PURCHASE INTENTION (STUDI PADA SEPATU FUTSAL NIKE CR7) (Vol. 04, Issue 01).

Kuen, F. A., Ip, S., & Kom, M. I. (2019). PERANAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI TERHADAP HUBUNGAN MASYARAKAT IKECAMATAN TAMALATE KELURAHAN MANGASA KOTA MAKASSAR.

Lolang, E. (2014). HIPOTESIS NOL DAN HIPOTESIS ALTERNATIF (Vol. 3).

Nabella Lucky. (2021). PENGARUH BRAND ATTITUDE DAN BRAND ASSOCIATION TERHADAP BRAND EQUITY MELALUI BRAND LOYALTY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK AIR MINUM KEMASAN MEREK AQUA (Studi pada Konsumen Air Minum Kemasan Merek AQUA di Gombong) Luky Ade Nabella. www.topbrand-award.com

Nugroho, R., Insani, S., & Cahyaningrum, B. (2020). Pengaruh Asosiasi Merek, Loyalitas Merek,Kesadaran Merek dan Citra Merek terhadapEkuitas Merek Nike Di Media Sosial Pada Kalangan Konsumen Muda.

Pranata, R. (2022). The Effect of Internal Meaning on Purchase Decision With Attitude Mediation: A Quantitative Explanatory Study of Brawijaya University Students’ Internal Meaning of BTS Meal Co-Branding Products. Advances in Social Sciences Research Journal, 9(5), 396–407. https://doi.org/10.14738/assrj.95.12481

Purnomo, P., & Palupi, M. S. (2017). PENGEMBANGAN TES HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENYELESAIKAN MASALAH.

Rio, A Belen del, V., Rodolfo, Iglesias, & Victor. (2001). The Effect of Brand Association on Consumer Response,. Journal of Consumer Marketing, Santa Barbara, 18(4/5).

Risnawati, Putri Yuliani, & Esfandari Diah. (2015). PENGARUH ASOSIASI MEREK PADA CITRA MEREK (BRAND IMAGE) PT POS INDONESIA THE INFLUENCE OF BRAND ASSOCIATIONS ON BRAND IMAGE PT POS INDONESIA.

Sugiyono. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF (2nd ed., Vol. 2).

Untarini Nindira. (2011). BISMA JURNAL BISNIS DAN MANAJEMEN SUSUNAN REDAKSI.

Wahidmurni. (2017). PEMAPARAN METODE PENELITIAN KUANTITATIF.

Wahyunina Putri, A., Muhamad Ramdan, A., Deni Muhammad Danial, R., Ilmu Administrasi dan Humaniora, F., & Muhammadiyah Sukabumi, U. (2022). PENGARUH ASOSIASI MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KESADARAN MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING EFFECT OF BRAND ASSOCIATIONS ON PURCHASE DECISIONS WITH BRAND AWARENESS AS INTERVENING VARIABLES

Wasil, M., Nur Isnaini, U., Arumningtias, A., Firmansyah, N., Aprisyah, W., Adila, D., & Mahendra, F. (2023). Optimasi Pemasaran Brand Lokal Melalui Platform E-Commerce. In Jurnal Esensi Infokom (Vol. 7, Issue 2).




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i1.4896

Article Metrics

Abstract view : 29 times
PDF – 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Indria Angga Dianita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index