KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL GURU PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI DI SEKOLAH INKLUSIF SDN KALANGSARI V

Hanna Alaedha Risti, Yanti Tayo, Ana Fitriana Poerana

Abstract


Dalam pendidikan inklusif, anak berkebutuhan khusus dan anak reguler belajar bersama, sehingga guru perlu memberikan arahan tentang cara melakukan komunikasi verbal dan nonverbal. Komunikasi dapat berjalan dengan efektif jika guru mampu menyampaikannya dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji komunikasi verbal dan nonverbal guru dalam meningkatkan interaksi siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusif. Fokus utama penelitian adalah bagaimana guru menggunakan berbagai pesan komunikasi verbal dan non-verbal yang digunakan untuk mendukung dan memperbaiki interaksi sosial serta akademik siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi deskriptif kualitatif dan menggunakan teori interaksi simbolik dari Geoge Herbert Mead. Data dikumpulkan melalui wawancara, obersevasi di kelas, serta analisis dokumen sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SDN Kalangsari V menggunakan berbagai strategi komunikasi, termasuk komunikasi verbal, komunikasi nonverbal, dan penggunaan media visual untuk memfasilitasi interaksi yang lebih baik antara siswa. Komunikasi verbal melibatkan penggunaan bahasa yang sederhana dan jelas, serta pemberian instruksi yang detail. Sementara itu, komunikasi nonverbal meliputi penggunaan isyarat tubuh, ekspresi wajah, dan kontak mata untuk memperkuat pesan yang disampaikan.


Keywords


komunikasi verbal, komunikasi non-verbal, anak berkebutuhan khusus, sekolah inklusif

Full Text:

PDF

References


Aulia, R. (2022). KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL GURU PADA ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA B-C DHARMA WANITA KOTA MADIUN [KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM ]. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PONOROGO.

Cangara, H. (2014). Perencanaan dan Strategi Komunikasi . Raja Grafindo Persada.

Gatot Haryono, C. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi (D. Esti Restiani, Ed.). Sukabumi.

Irdamurni. (2020). Pendidikan Inklusif Solusi Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. PRENADA MEDIA .

Isma, S. N., Tayo, Y., & Teguh, M. P. (2023). Pola Komunikasi Guru dan Murid dengan Autisme di SDIT Mutiara Hati Tambun Selatan: Studi Deskriptif tentang Komunikasi Interpersonal antara Guru dan Murid dengan Autisme di SDIT Mutiara Hati Tambun Selatan.

Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 4(2), 717–725. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v4i2.4954

Kemendikbud. (2023, March). Kemendikbudristek Ajak Wujudkan Pendidikan Inklusi yang Adil dan Merata. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Listianingrum, R., Fitriana Poerana, A., & Arindawati, W. A. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI MELALUI MEDIA INSTAGRAM DALAM MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA MAHASISWA. JURNAL PUSTAKA KOMUNIKASI, 4(1), 11.

Parianto, & Marisa, S. (2022). Komunikasi Verbal dan Non Berbal dalam Pembelajaran. ANALYTICA ISLAMICA, 11(2), 402–416.

Prasetyaningsih, T. (2023). Interaksi Pendidik dengan Lingkungan Sekitarnya: Sebuah Kajian Sosiologis. Garudhawaca.

Suriarti, Samsinar, & Rusnali, A. nur A. (2022). PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI (S. Mustofa, Ed.; 1st ed.). Akademia Pustaka.

Ulfatin, N. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan: Teori Dan Aplikasinya. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Yuwono, J., Diana Aprilia, I., Suryana, D., Fatimatuzzahra, A., I. B. Manullang, T., Vandalisa Rahmy, A., Taufiqurrahman, M., Sumarsono, Idawanto, Y., Purbasari, A., Ari Sandi, F., Parulian Simamora, R., Chusnah, L., Farikha Fitri, N., Marpaung, N., Yuhanda, Y., Komalasari, & Ruslan. (2021). Buku Saku Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar (A. Ismail, Ed.; 1st ed.). Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/

Zaid, H., Sudiana, Y., & Satria Wibawa, R. (2021). Teori Komunikasi dalam Praktik (Andrianto, Ed.). Zahira Media Publisher.




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i1.4892

Article Metrics

Abstract view : 36 times
PDF – 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Hanna Alaedha Risti, Yanti Tayo, Ana Fitriana Poerana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index